Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

62.142

63.749

2%

Kasus Baru

1.447

1.607

11%

Update: 5 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

200 Seniman Ora Duwe Penghasilan Dapat Bantuan Sembako

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (paling kiri berkaos merah) menyerahkan bantuan ke seniman | Foto: Tono/JoSS
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Sebanyak 200 paket sembako bantuan Presiden RI diserahkan Walikota Solo FX Hady Rudiatmo kepada ratusan seniman di Solo Raya yang terdampak Covid-19 di rumah dinas Walikota Solo Loji Gandrung, di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jumat (29/5).

Paket bantuan itu diserahkan ke seniman dalam tajuk “Seniman ODP (Ora Duwe Penghasilan) Sambat ke Walikota Solo” yang diisi dengan acara tari, lawak dan nyanyi.

Rudy mengatakan awalnya dirinya merasa sungkan dan jaga rasa (menjaga perasaan) seniman yang termasuk kelas menengah kok dibantu sembako.

“Namun setelah ketemu dengan tokoh-tokoh seniman yang menceriterakan mereka terdampak Covid-19 tidak bisa pentas, akhirnya disepakati digelar acara Seniman Sambat seperti ini,” ujarnya.

Dia juga mengupayakan ke Gubernur Jateng Ganjar Pranowo agar mengijinkan Taman Budaya Jawa Tengah yang lokasinya di Solo dapat dipergunakan oleh seniman secara gratis untuk menambah kocek pekerja seni yang tidak bisa pentas selama pandemi Corona.

Baca juga: DKK Solo Tolak Rapid Test dan PCR Bagi Pemudik Yang Akan Kembali ke Kota Asal

Rudy mengatakan pihaknya merasa ikut empati kepada para pekerja seni, semenjak adanya pandemi Covid-19, yang biasanya seniman ada order job pentas, bahkan hingga pekan syawalan di sejumlah tempat wisata di Jurug, Solo yang biasanya melibatkan sejumlah seniman, dan bisa menyedot ribuan penonton juga tidak bisa digelar karena pandemi Corona.

“Seniman yang biasanya tampil menghibur tidak ada order sehingga mereka mengambil tabungan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sementara yang tidak punya tabungan terpaksa menjual barang berharga miliknya,” papar Rudy.

Sementara itu beberapa seniman seperti Wawan ‘Teamlo’ membenarkan nasib pekerja seni terpuruk karena tidak bisa pentas juga sepi order. “Kami seniman itu masuk kategori pasien “ODP” bukan orang dalam pemantauan, tapi Ora Duwe Penghasilan,” ujar Wawan “Teamlo” tertawa memplesetkan arti ODP.

Wawan menyatakan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi dan Walikota Solo yang peduli terhadap nasib seniman. ” Kami berharap pageblug Corona dapat ditanggulangi, situasi kembali normal, seniman dapat pentas kembali, dan mandiri seperti sebelum ada Corona,” ujarnya.

Suasana penyerahan bantuan digelar tetap dalam protokol kesehatan. Para seniman saat datang ke Loji Gandrung di cek suhu tubuhnya, cuci tangan. Mereka meski menari dan menyanyi tetap dalam posisi jaga jarak (physical distancing). (ton/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*