RSUD dr Moewardi Solo Tambah Kapasitas Ruang Perawatan Pasien Covid-19

Foto: timlo.net
Mari berbagi

JoSS, SOLO – RSUD dr Moewardi Surakarta menambah kapasitas ruang perawatan pasien Covid-19 dengan membuka Ruang Melati yang memiliki kapasitas 57 tempat tidur dioperasionalkan khusus untuk pasien virus corona.

Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD Dr Moewardi Surakarta, Eko Haryati, menjelaskan RSUD dr Moewardi melakukan perluasan ruang perawatan Covid-19, yakni dengan mengoperasikan Ruang Melati I. Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang diperkirakan terjadi pada Mei mendatang.

“Ruang Melati I Covid-19, yang mulai beroperasi hari ini memiliki kapasitas total 57 tempat tidur dan dilengkapi dengan fasilitas ruang operasi, ICU, ruang bersalin, ruang perawatan bayi, anak dan dewasa, ruang hemodialisa atau cuci darah serta kamar jenazah. Semuanya khusus untuk pasien Covid-19,” kata Eko sebagaimana dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Rabu (29/4).

Eko menjelaskan Ruang Melati I Covid-19 ini terletak di antara Posko Screening Covid dan Ruang Anggrek 1, sehingga wilayah ini termasuk zona merah dalam rumah sakit. Seperti standar WHO, ruangan ini didesain khusus, yakni memiliki pintu serta jalur khusus untuk pasien dan petugas yang terpisah dari pasien umum.

Semua ruangan di Melati I Covid-19 juga memiliki tekanan udara negatif menggunakan hepafilter, untuk mencegah penyakit menyebar melalui udara atau keluar dari ruang isolasi dan menginfeksi orang lain. Dengan demikian, lanjutnya, tidak akan ada udara yang keluar dari ruang isolasi yang mengontaminasi udara di luar.

Baca juga: 3 Perawat di Solo Diusir Pemilik Kos, Rudy: Ini Tindakan Tak Manusiawi

“Sejak ditetapkannya Kota Surakarta sebagai wilayah Kejadian Luar Biasa (KLB) pada tanggal 14 Maret 2020, jumlah pasien dalam penggawasan (PDP) maupun positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Dr Moewardi terus bertambah,” imbuh Eko.

Dia menerangkan, perluasan ruang perawatan Covid-19 ini sebelumnya juga dilakukan di Ruang Anggrek 1. Awalnya hanya ada dua tempat tidur, namun pada Maret lalu sudah diperluas hingga menjadi 51 tempat tidur.

“Dengan perluasan tersebut, berarti RSUD dr Moewardi saat ini dapat menampung 108 pasien Covid-19, termasuk bayi dan anak-anak,” beber Eko.

Dia menerangkan, perluasan ruang perawatan berdampak pada sumber daya manusia serta kelengkapan alat pelindung diri (APD) untuk petugas. Kelengkapan APD terutama masker bedah dan masker N95, saat ini diakuinya masih menjadi perhatian khusus manajemen.

Meski saat ini pihaknya melihat masyarakat sudah aktif dalam berdonasi, namun kebutuhan APD terhitung tinggi, sehingga RSUD Dr Moewardi juga mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah pusat, dalam pemenuhan kebutuhan masker. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*