567 WNI di Luar Negeri Terinfeksi Covid-19, 31 Orang Meninggal Dunia

Ilustrasi penanganan pasien positif virus corona | tempo.co
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Sebanyak 567 Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri dilaporkan terinfeksi virus corona, sementara itu 31 orang meninggal dunia karena virus ini. Ratusan kasus WNI positif corona itu terdapat di 30 negara dan daerah.

Kabar tersebut diketahui dari unggahan Kementerian Luar Negeri RI di akun Twitter. “Berikut perkembangan Covid-19 di dunia dan Pelindungan WNI per Senin (27/4), pukul 08.00 WIB. Terdapat WNI yang sembuh dari #COVID19 di Pakistan dan Singapura. Total WNI terkonfirmasi Covid-19 di Luar Negeri adalah 567 orang: 164 sembuh, 31 meninggal, dan 372 lainnya dalam perawatan,” seperti dikutip CNNIndonesia.

Puluhan WNI positif corona yang meninggal itu terdiri dari 11 orang di Amerika Serikat, lima orang di Arab Saudi, empat orang di Belanda, dua orang di Inggris, dua orang di Malaysia, dua orang di Singapura, satu orang di Turki, dan empat orang merupakan anak buah kapal pesiar.

Berdasarkan data Kemenlu RI, WNI ABK menjadi yang paling banyak terinfeksi virus corona yakni mencapai 149 orang dengan rincian 17 orang sembuh dan 128 orang masih dalam perawatan.

Ratusan WNI ABK itu tercatat bekerja pada setidaknya di 120 kapal pesiar di seluruh dunia. Sebanyak 108 WNI di Malaysia juga terinfeksi virus corona. Sejauh ini, baru ada 11 orang yang sembuh, sementara yang lainnya masih dalam perawatan.

Baca juga: China, AS Dan Vietnam Bantu Indonesia Tangani Covid-19

WNI di India menjadi yang terbanyak ketiga terpapar kasus corona yakni mencapai 75 orang. Puluhan WNI itu merupakan anggota Jamaah Tablig yang tengah berziarah dan mengikuti acara keagamaan di India.

Kemenlu menuturkan sejauh ini total ada 717 WNI Jamaah Tabligh yang terjebak di India akibat kebijakan penguncian wilayah atau lockdown terkait penyebaran virus corona.

Sebanyak 216 orang dari ratusan WNI itu tersangkut perkara hukum karena dinilai melanggar aturan lockdown dan pembatasan pergerakan dengan menghadiri acara keagamaan. Sebanyak 89 di antaranya berstatus judicial custody atau telah ditahan.

Selain India, WNI di Singapura dan Amerika Serikat juga banyak yang terinfeksi corona yakni mencapai 50 orang dan 40 orang.

Sejauh ini, sejumlah perwakilan RI di luar negeri telah memulangkan para WNI yang terdampak kebijakan lockdown di beberapa negara dan ingin pulang.

Sebagai contoh, KBRI Kairo membantu pemulangan 75 WNI dari Mesir, sementara KBRI Bangkok juga telah mengevakuasi 356 WNI terjebak lockdown di Thailand menggunakan pesawat maskapai Garuda Indonesia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*