Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

30.514

31.186

3%

Kasus Baru

993

672

-32%

Update: 7 Juni 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Sudah Dua Hari, Angka Kasus Baru Corona di China Nihil

Pasien virus corona di Wuhan China melakukan aktivitas olahraga | Foto: detik.com/Chinatopic Via AP Photo
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, CHINA – Pemerintah China melaporkan dalam dua hari terakhir kasus baru di negara itu nihil. Komisi Kesehatan China hari ini Jumat (20/3) melaporkan tidak ada penambahan kasus Covid-19.

Dikutip dari AFP, penurunan jumlah kasus baru di China memberikan secercah harapan ketika ratusan negara di dunia tengah berjuang keras melawan corona dan kondisnya kian memburuk.

Tak hanya kasus, jumlah kematian baru di China juga terus melambat. Hari ini ada tiga orang yang dilaporkan meninggal akibat Covid-19. Angka harian itu merupakan yang terendah sejak mereka merilis data virus corona Januari lalu.

China membuktikan bahwa corona bisa dilawan. Dan strategi yang digunakan mereka untuk mengendalikan virus mematikan tersebut dapat dicontoh.

Hingga saat ini kasus virus corona di China mencapai 80.967 dengan 71.150 pasien dinyatakan sembuh. Ada sekitar 7.000 orang masih dirawat di rumah sakit dalam proses penyembuhan.

Meski demikian, China masih dihantui ancaman penyebaran virus dari luar. Sebab kasus infeksi virus corona di luar China justru semakin bertambah. Seluruh kasus baru yang terdeteksi di China berasal dari pendatang.

Baca juga: Lampaui China, Italia Catat Korban Meninggal Terbanyak di Dunia Akibat Corona

Dikutip dari CNN, hari ini Komisi Kesehatan China mengonfirmasi 39 imported case baru atau kasus yang tertular di luar sehingga total menjadi 228.

China khawatir virus itu kembali menyebar dari warga asing atau warga mereka yang baru datang dari luar negeri. Karena itu, mereka menetapkan kebijakan karantina dua pekan bagi seluruh pendatang dari luar negeri.

Virus corona mulai merebak sejak akhir 2019 di Kota Wuhan, Provinsi Hubei. Diduga virus itu berasal dari hewan lalu menular kepada manusia. Virus itu kemudian menyebar ke penjuru negeri dan bahkan lintas negara.

Bahkan kini jumlah kasus virus corona di negara lain dilaporkan lebih besar ketimbang di China. Jika digabungkan, ada lebih dari 120 ribu kasus berasal dari negara-negara lain, angkanya jauh di atas China.

Jumlah korban meninggal akibat corona di Italia bahkan kini telah melebihi China. Pasien Covid-19 yang meninggal di Italia mencapai 3.405 orang, sedangkan China 3.248. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*