Usia 80 Tahun Dr Handoko Gunawan Tetap Mengabdi di Garda Terdepan Tangani Pasien Covid-19 

Kolase, dr Handoko Gunawan | Foto: net
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Nama dr Handoko Gunawan kini ramai diperbincangkan publik, setelah salah satu akun facebook membagikan informasinya. Dokter spesialis paru ini bekerja menangani pasien kasis virus corona meski usianya sudah 80 tahun.

Sebuah akun dengan nama Novia Kusumawardhani menginformasikan dokter yang bekerja di Rumah Sakit Graha Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat itu saat-saat ini terus bekerja mengobati pasien covid-19 hingga pukul 03.00 WIB.

Dalam unggahannya, Novia menjelaskan bahwa semula pihak keluarga yakni anak-anak dari dokter Handoko telah menyarankan untuk tidak ikut terjun di garda terdepan penanganan penyakit menular ini, namun dokter Handoko berkeras untuk tetap mengabdi hingga akhir hayatnya.

Kiprah dokter usia lanjut ini mengundang simpati sekaligus kekhawatiran warganet, pasalnya usia 80 tahun sangat rentan tertular virus yang berasal dari Wuhan, China ini.

“Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yang handle covid dokter Gunawan ahli paru di Graha Kedoya usia sudah mendekati 80. Saat ini beliau terus kerja sampai jam 3 pagi. Anak-anaknya udah saranin jangan ikut terjun karena sudah tua tapi katanya kalau dia mati juga gak apa, yang penting masih bisa melakukan sesuatu yang berharga untuk menolong dan menyelamatkan sesama. Mestinya kita mulai start berita-berita seperti ini daripada nebarin ketakutan terus. beliau adalah dokter Handoko Gunawan, dokter spesialis penyakit paru di RS Graha Kedoya. Alumni SMAK I. Pengabdiannya luar biasa untuk kemanusiaan. #pahlawancovid19,” kata Noviana, seperti dikutip dari detikcom, Rabu (18/3).

Baca juga: Jahe Merah Rahasia Menjaga Stamina Ala Jokowi dan Didi Kempot

Keberaniannya menangani pasien virus corona menjadi perhatian publik. Soalnya, virus corona adalah virus yang berisiko mematikan terutama untuk orang yang berusia lanjut. Bahkan, bekerja hingga pukul 3 dini hari juga sulit dilakukan orang berusia muda. Namun dr Gunawan sudah berusia 80 tahun.

Dilansir Antara, COVID-19 lebih mudah menginfeksi orang lanjut usia. Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta kepada semua negara untuk memprioritaskan pasien lansia dan yang memiliki riwayat penyakit penyerta.

Tenaga medis di Indonesia perlu siap menghadapi pasien Corona. Hingga kini sudah ada 172 kasus positif COVID-19 di Indonesia. Jumlah kasus positif Corona bahkan diprediksi melonjak tajam dalam dua pekan ke depan. Ini diprediksi oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto.

“Kita menyadari bahwa akan terjadi penambahan pasien yang cukup signifikan nantinya,” kata Yuri dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui akun YouTube, Selasa (17/3). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*