Kasus Covid-19 Melonjak Jadi 227 Orang, Wisma Atlet Bakal Dijadikan Pusat Karantina

Kolase, wisma atlet - Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto | Foto: pu.go.id/kompas.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto merilis perkembangan terbaru pasien positif virus corona di Indonesia bertambah signifikan. Berdasarkan data yang dikeluarkan pemerintah per Rabu (18/3) terdapat tambahan 55 pasien baru yang terpapar virus Corona. Kini total pasien positif terinfeksi virus Corona menjadi 227 orang yang positif terpapar virus Corona.

“Per pukul 12.00 Rabu 18 Maret 2020, memang terdapat penambahan jumlah pasien yang positif cukup signifikan. Total kini 227 kasus. Sebelumnya, pada Selasa kemarin, jumlah pasien positif adalah 172 orang,” katanya, Rabu (18/3).

Rincian penambahan kasus tersebut adalah, Banten empat kasus positif, DIY Yogyakarta (1 pasien), DKI Jakarta (30 pasien), Jawa Barat (12 pasien), Jawa Tengah (2 pasien), Sumatra (1 pasien), Lampung (1 pasien), Riau (1 pasien), dan Kalimantan Timur (1 pasien).

Sementara itu jumlah pasien yang meninggal penambahannya juga cukup signifikan yakni hingga 19. Rinciannya adalah, di Bali ada satu orang, Banten (1 orang), DKI Jakarta (12 orang), Jawa Barat (1 orang), Jawa Tengah (1 orang), Jawa Timur (1 orang), dan Sumatra Utara (1 orang).

“Kenapa jumlahnya bertambah cukup signfikan? Karena sejumlah rumah sakit belum memberikan data sejak 12 Maret lalu. Mereka baru memberikan sekarang,” ucap Yuri.

Selain jumlah pasien positif bertambah dan korban meninggal, Yuri juga mengatakan hingga saat ini sudah ada 11 kasus yang berhasil sembuh dari paparan virus Corona. Mereka berasal dari DKI Jakarta 9 orang, Banten (1 orang) dan Jawa Barat (1 orang).

Sementara itu, Gugus Tugas Covid-19 dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menyulap Wisma Atlet menjadi tempat isolasi bagi suspect.

Baca juga: Masa Darurat Bencana Virus Corona Diperpanjang Hingga 29 Mei

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan, Wisma Atlet hingga saat ini dirasa menjadi tempat yang tepat karena fasilitas seperti tempat tidur, listrik dan air sudah tersedia.

“Untuk isolasi, dibutuhkan suatu tempat dan wisma atlet belum digunakan sehingga menjadi tempat yang siap,” ujar Sri Mulyani yang ikut dalam Gugus Tugas Covid-19, Rabu (18/3).

Selain itu, Sri Mulyani menuturkan BNPB akan menyalurkan alat pendukung bagi rapid test virus corona. Dia menambahkan alat ini akan dibagikan kepada daerah yang menjadi pusat penyebaran virus corona. “Ini akan dikoordinasikan dengan BNPB,” tambahnya.

Wisma Atlet Kemayoran merupakan bangunan tingkat tinggi yang dibangun Kementerian PUPR melalui Ditjen Penyediaan Perumahan dengan jumlah 10 menara dan terdiri atas tiga menara di Blok C-2 seluas 135.000 meter persegi dan 7 menara di Blok D-10 seluas 333.700 meter persegi.

Adapun, dari 10 menara di Wisma Atlet tersebut, untuk Blok C-2 terdapat total unit hunian sebanyak 1.932 unit dan Blok D-10 memiliki 5.494 unit hunian.

Status Kawasan Kemayoran Blok C-2 dan Blok D-10 merupakan aset milik negara atas nama Menteri Sekretaris Negara. Rusun tersebut dibangun dengan tipe 36 dilengkapi fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan tempat cuci jemur.

Setiap unit rusun sudah dilengkapi dengan mebel seperti tempat tidur, lemari pakaian, kursi dan meja tamu, pendingin ruangan dan penghangat air di setiap kamar mandi.

Pembangunan hunian vertikal yang sudah dimulai sejak 17 Maret 2016 itu dilakukan berdasarkan Inpres Nomor 2 Tahun 2016 tentang Dukungan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 dan Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*