Pencarian ‘Dolar Tembus Rp16.000’ Trending di Google, Ini Faktanya

Ilustrasi | Foto: tribunews.com/wartaekonomi.co.id
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Banyaknya pengguna Google yang melakukan pencarian kalimat ‘Dolar tembus Rp16.000’ menjadi trending di mesin pencarian tersebut, bahkan Tagar #RupiahAmbyar menjadi trending di media sosial Twitter.

Namun, faktanya nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah hari ini, Kamis (19/3) memang cukup signifikan. Dari data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar dolar AS siang ini ada di level Rp 15.712.

Bahkan Bank Indonesia mencatat Rupiah sempat menyentuh level Rp15.880. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan penyebab utamanya adalah kepanikan para investor di tengah-tengah merebaknya virus corona (covid-19) yang sudah menjangkit 159 negara di dunia.

“Investor global sedang menghadapi tekanan yang tinggi, kita memantau bagaimana dow jones anjlok, bahwa premi risiko sangat tinggi dan kita menghadapi semua negara menghadapi,” kata Perry di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2020).

Ketidakpastian global ditambah covid-19 ini, kata Perry juga membuat para investor melepaskan banyak asetnya di pasar keuangan dan modal.

“Cash is king, bukan karena masalah fundamental, tetapi memang cenderung kepanikan. Itu premi risiko menyebabkan tekanan yang ada sekarang,” jelasnya.

Meski demikian, Perry mengungkapkan BI tetap menjalankan beberapa jurus yang selama ini sudah dilakukan.

Baca juga: Seluruh Wilayah AS Terjangkit Corona, Arab Saudi Minta Warga Tak Salat Berjamaah di Masjid

“Memastikan mekanisme pasar terjaga, likuiditas terjaga, triple intervension kami lakukan. Kami pastikan bagaimana penentuan nilai tukar di pasar itu konvergen. Dari pagi sampai sore BI selalu ada di pasar. Menjaga confidence, ini yang ingin kami sampaikan kepada pelaku pasar bahwa BI berada di pasar,” ungkapnya

Sejumlah warganet mencuitkan nilai tukar rupiah yang telah menyentuh level Rp 16.000. Pernyataan tersebut umumnya menyertakan hasil tangkapan layar nilai tukar rupiah yang disampaikan oleh mesin pencari Google.

Dari hasil penelusuran detikcom, Kamis (19/3), hasil pencarian nilai tukar dolar di Google memang akan langsung menunjukkan hasil dengan angka Rp 16.002. Namun, data tersebut bukanlah data yang dapat dipertanggungjawabkan oleh otoritas resmi.

Dalam hasil penelusuran, disebutkan bahwa data Mata Uang disediakan oleh Morningstar, sedangkan data Mata Uang Kripto disediakan oleh Coinbase.

Dalam keterangannya, Google menjelaskan bahwa baik penyedia data maupun kontennya, bursa keuangan dan setiap afiliasinya serta mitra bisnisnya (A) melepaskan tanggung jawab hukum secara tersurat mengenai keakuratan, kecukupan, atau kelengkapan data apa pun, dan (B) tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan, kelalaian, atau kecacatan lainnya dalam, keterlambatan atau gangguan data, atau tindakan apa pun yang dilakukan dalam pengandalan atas hal tersebut.

“Baik Google maupun penyedia informasi lainnya tidak akan bertanggung jawab atas kerugian terkait dengan informasi yang Anda gunakan yang tersedia di sini. Seperti yang digunakan di sini, “mitra bisnis” tidak mengacu ke agen, kemitraan, atau hubungan usaha bersama antara Google dan pihak terkait mana pun,” tulis Google, seperti dilansir dari detikfinance.com. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*