Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

23.851

24.538

3%

Kasus Baru

686

687

0%

Update: 28 Mei 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Ibunda Jokowi Dimakamkan Bersebelahan Dengan Sang Ayah, Widjiatno Notomihardjo

Tradisi brobosan dipimpin Presiden Jokowi berjalan membungkuk di bawah keranda jenazah ibunda Sudjiatmi diikuti oleh seluruh keluarga | Foto: Tono/JoSS
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Alunan tahlil dan dzikir bergaung selama jenazah Sujiatmi di masukkan liang lahat bersebelahan dengan pusara suaminya Widjiatno Notomihardjo yang wafat terlebih dulu 20 tahun lalu.

Sebelumnya juga digelar prosesi brobosan di masjid Baiturachman yang berjarak selitar 100 meter dari rumah duka Jalan Pleret Raya No 9 A Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, kota Solo, Kamis (26/3).

Prosesi brobosan ini merupakan tradisi Jawa sebagai penghormatan kepada almarhumah. Tradisi ini berlangsung dengan cara para keluarga dan kerabat berjalan menunduk di bawah peti jenazah yang posisinya diangkat.

Presiden Jokowi paling depan kemudian diikuti adik-adiknya seperti Iit Sriyantini , Idayati , Titik Ritawati serta putra sulung Gibran Buming Raka dan Kaesang Pangarep.

Suasana prosesi pemakaman eyang Noto dari rumah duka sebelumnya berdatangan sejumlah pejabat seperti Mendagri Tito Karnavian, Jendral Purn Muldoko Kepala Sekretariat Presiden (KSP), hadir juga Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga: Begini Wejangan Eyang Noto, Saat Memberi Restu Jokowi Terjun Ke Dunia Politik

Juga hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Mensesneg Pratikno menghimbau kepada para pelayat agar tidak memadati rumah duka terkait protokol Covid -19, dengan menggantinya berdoa di rumah masing-masing atau mengirim ucapan berduka bisa melalui media sosial atau karangan bunga.

Agaknya karangan bunga dipilih oleh warga masyarakat untuk ber empati mengucapkan ikut bela sungkawa.

Hingga ribuan karangan bunga tanda turut berduka atas kepergian eyang Noto nampak memadati lokasi di seputaran rumah duka , pinggir jalan Letjen Suprapto, Sumber, Solo hingga masuk ke sejumlah gang di seputaran jalan utama jalan letjen Suprapto.

Sebelumnya dari rumah duka Sumber, Solo prosesi pemakaman jenazah eyang Noto diawali dengan keluarnya Presiden Jokowi dan keluarga mengenakan pakaian serba putih dan menggunakan masker. Jokowi tampak berjalan terdepan dan diikuti putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka membawa foto besar Sudjiatmi Notomihardjo. dan diikuti segenap keluarga.

Di urutan terakhir peti jenazah eyang Noto dipanggul oleh enam anggota bataliyon kawal protokol pengawalan pengaman negara (Walproneg) Pasukan Pengamanan Presiden ( Paspampres). Jenasah eyang Noto dimasukkan dalam peti jenazah berwarna coklat. Di atas peti jenazah di letakkan untaian berbagai macam bunga.

Jenazah Sudjiatmi dikuburkan bersebelahan dengan pusara suaminya Widjiatno Notomihardjo yang wafat pada 23 Juli 2000 lalu. (ton/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*