DPRD Jateng Hentikan Sementara Agenda Kunker ke Luar Daerah Hingga Akhir Maret

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Sukirman | Foto: dprd.jatengprov.go.id
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Rapat Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah memutuskan menghentikan sementara semua kegiatan kunjungan kerja anggota dewan dan akan merasionalisasi anggaran kunjungan kerja.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Sukirman mengatakan kebijakan itu dilakukan guna membantu pemerintah provinsi setempat secara finansial dalam penanganan pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

“Kami memutuskan untuk merasionalisasi anggaran belanja DPRD, termasuk anggaran perjalanan dinas, bahkan menghentikan semua kegiatan kunjungan kerja,” katanya, seperti dikutip dari laman dprd.jatengprov.go.id.

Pihaknya juga mendorong Pemprov Jateng untuk menyiapkan anggaran yang cukup untuk penanggulangan COVID-19 yang bisa difasilitasi melalui anggaran tak terduga yang sedang berjalan dan anggaran mendahului perubahan.

“Di antaranya untuk obat-obatan, ambulans, dan fasilitas rumah sakit yang memadai, serta pengobatan gratis, nominalnya sedang disusun oleh Gubernur,” ujarnya.

Menurut penjelasan Sukirman, DPRD akan bersikap mendukung penuh kebijakan yang diambil pemerintah, temasuk dalam hal penganggaran. Dengan memperhatikan kondisi dan situasi serta penanganan penanggulanan Covid-19, maka berapa pun anggaran yang diminta pemerintah akan disetujui.

Baca juga: Tujuh RS di Jateng Gratiskan Pemeriksaan Corona

“Ini merupakan bagian dari keputusan yang kami ambil dalam rapat pimpinan DPRD,” sebutnya.

Rapat pimpinan, kata dia, juga memutuskan untuk merasionalisasi anggaran belanja DPRD, termasuk anggaran perjalanan dinas. “Kami juga memutuskan untuk menghentikan semua kegiatan kunjungan kerja ke luar daerah sampai akhir Maret ini,” kata Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Pimpinan, lanjut dia, juga menugaskan semua anggota DPRD ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing untuk memonitor serta pengawasan sampai ke tingkat desa. “Pengawasan menyangkut pelayanan kesehatan, pelaksanaan belajar di rumah, ketersediaan dan kebutuhan pokok,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah pasien yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 di Jateng bertambah dua orang setelah ada laporan ditemukan kembali kasus yang terkonfirmasi.

Dengan demikian jumlah total pasien yang positif terinfeksi COVID-19 dan dirawat di rumah sakit di Jateng tercatat empat kasus dengan rincian dua pasien dirawat di RSUD Dr. Moewardi, Kota Surakarta, seorang diantaranya telah meninggal dunia, sedangkan di RSUP Dr. Kariadi Semarang dan RSUD Tidar Megelang masing-masing seorang pasien. (ADV)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*