YIA Jauh Dari Pusat Kota Jogja, Xpress Air Pindah ke Bandara Solo

Xpress Air | Foto: jetphotos.com
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Yogyakarta International Airport (YIA) segera beroperasi penuh pada akhir Maret mendatang, seluruh penerbangan di Bandara Adisutjipto Jogja segera dialihkan ke bandara baru tersebut. Namun, Xpress Air justru memilih memindahkan penerbangan ke Solo.

Sales Marketing and Corporate Xpress Air, Irfan Setiawan mengatakan pihaknya memutuskan pindah ke Bandara Adi Soemarmo Solo daripada ke YIA di Kulon Progo. Selain karena YIA jauh dari pusat Kota Jogja, Solo dinilai memiliki potensi yang bagus untuk pengembangan bisnis transportasi penerbangan.

“Kita memang tidak ikut pindah ke YIA di Kulon Progo, tapi malah pindah ke Solo dan Semarang. Karena kita memandang Solo itu potensi yang cukup luar biasa,” kata Irfan saat berkunjung ke Kantor Walikota Solo, belum lama ini.

Selanjutnya, Irfan mengungkapkan selain memiliki potensi yang menggiurkan, akses perjalanan menuju Bandara Adi Soemarmo juga didukung fasilitas yang cukup menunjang. Adapun fasilitas tersebut di antara akses jalan tol yang memiliki pintu keluar ke arah bandara serta kereta bandara.

“Terutama dengan akses jalan untuk ke bandara, apalagi ada kereta bandara yang stasiunnya terintegrasi dengan bandara. Padahal, di Cengkareng saja tidak ada seperti ini,” ucapnya, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Baca juga: Koleksi Sepur Kluthuk di Solo Bertambah, Kereta Uap Kuno Ini Layani Wisatawan Hingga Wonogiri

Irfan pun menambahkan dari pengalaman-pengalaman sebelumnya yang mengikuti perpindahan ke bandara baru tidak menunjukkan tren yang bagus. Alhasil, pihaknya pun memilih untuk pindah ke Bandara Adi Soemarmo.

“Kita ada alasan tersendiri kalau dari saya sih sales marketing-nya, jadi untuk perpindahan ke bandara awal atau baru itu sudah punya pengalaman dengan bandara-bandara baru sebelumnya. Daripada penumpangnya lari, kita akan siapkan untuk perpindahan lebih awal,” jelasnya.

Kemudian, Irfan pun menyebutkan di Bandara Adi Soemarmo nanti jurusan penerbangan yang dilayani Xpress Air untuk tujuan luar Jawa, di antaranya Solo – Palembang, Solo – Samarinda dan Solo – Pontianak. Sedangkan ke depannya nanti akan dibuka rute penerbangan Solo – Lampung dan Solo – Banjarmasin.

“Xpress Air di Solo menggunakan armada Boeing 737 300 series dan Boeing 737 500 series dengan kapasitas 123 – 149 penumpang. Diharapkan penumpang yang biasanya terbang dari Yogya bisa pindah ke Solo,” harapnya.

Penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo ke sejumlah tujuan di luar Jawa rencananya baru akan dimulai pada akhir Maret. “Insya Allah bulan-bulan ini perizinan seperti izin rute dan semuanya sudah kita siapin semua,” tuturnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*