fbpx

Puan Maharani Jadi Penerima Gelar Doktor Honoris Causa Undip ke-13

 data-srcset
Pemberian Penghargaan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Ketua DPR RI Puan Maharani oleh Rektor Undip Prof Yos Johan Utama didampingi Ketua Senat Akademik Undip Prof Soenarso | Foto: Linakasih/joss.co.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG –  Ketua DPR RI Puan Maharani Nakshatra Kusjala Devi menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jumat (14/2) karena dinilai berjasa dalam bidang kebudayaan dan kebijakan pembangunan Nasional.

Politikus PDIP itu menjadi tokoh ke 13 yang menerima gelar tersebut, sejak 63 tahun berdirinya Undip. Puan didampingi suami dan Ibundanya yakni Presiden RI ke lima, Megawati Soekarnoputri.

Hadir juga dalam Sidang Akademik Terbuka Undip yang digelar di Gedung Prof Sudharto, sejumlah anggota DPR RI dan Menteri Kabinet Indonesia Maju di antaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna Laoly, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto,  Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Hadir pula Wapres ke 10 dan ke 12 Mohamad Jusuf Kalla dan ketua MPR Bambang Soesatyo.

Sementara itu, rekan satu partainya yakni Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi juga hadir dalam penganugerahan gelar kehormatan bagi Ketua DPP PDIP itu.

Ketua Senat Akademik Undip Prof Soenarso mengatakan usulan pemnganugerahan gelar kehormatan bagi Puan Maharani diajukan oleh DPP Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Budaya dan direkomendasikan oleh banyak pihak diantaranya Mendikbud (Sekarang MENKO PMK) Muhajir Effendy, DPP IKA FIB, Prof Mohammad Mahfud MD, FK METRA dan Dr.Mohammad Sobary.

Pengusulan diajukan sejak Beliau menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI.

Baca juga: Kemdikbud Sambut Baik Program Bakti Pada Guru Psikologi Undip dan PT CPI

Doktor HC Puan Maharani menyampaikan pidatonya | Foto: Linakasih/joss.co.id

“Setelah melalui serangkaian pengkajian, penelaahan yang terukur, kredibel dan akuntabel Senat Akademik bersepakat memberikan Persetujuan bulat pada rapat Senat Akademik Undip menyetujui Puan Maharani layak dan patut memperoleh gelar doktor honoris causa,” katanya, dalam pidato pengantar Sidang Senat Akademik Undip, Jumat (14/2).

Dia menambahkan persetujuan Senat Akademik tersebut didasarkan kepada ketentuan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2016 tentang Gelar Doktor Kehormatan.

Senat menilai sebagai Menko PMK maupun Ketua DPR RI, Puan berperan besar dalam kebijakan penyusunan beberapa produk hukum seperti UU NO. 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan Indonesia juga produk hukum Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial.

Sementara itu Rektor Undip Prof Yos Johan Utama mengatakan, Puan secara nyata telah berkontribusi terhadap hubungan baik antarbangsa dan negara lain dalam bidang sosial budaya, kebijakan pembangunan kemanusiaan, dan kesejahteraan umat manusia.

“Adanya bukti Ibu Puan Maharani telah berkontribusi signifikan terhadap kemajuan, kemakmuran, dan atau kesejahteraan bangsa, negara dan umat manusia, baik sebagai pribadi maupun dalam  kedudukan Beliau sebagai Pemimpin lembaga negara yakni sebagai Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan juga Ketua DPR RI,” kata rektor.

Dalam sambutannya, Puan mengatakan penerimaan gelar ini sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab saya dalam ikut membangun kemajuan bangsa dan negara. “Terima kasih kepada semua pejabat negara yang telah hadir. Karena memang tidak gampang mengundang pejabat negara tentunya banyak yang sibuk. Karena kalau tidak sibuk berarti tidak bekerja,” kata Puan. (lna)


Berita lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *