LIPI Peringatkan Bahaya Longsor Susulan di Tol Cipularang, Ini Penyebabnya

Ilustrasi | Foto: medcom.id
Mari berbagi

JoSS, BANDUNG – Tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan beberapa fakta terkait longsor di sisi jalan tol Cipularang KM 118.

Anggota Tim dari LIPI, Adrin Tohari menyatakaan berdasarkan hasil pengamatan di lokasi dan info dari masyarakat, ada beberapa hal menarik. Di antaranya, ruas jalan tol di Km 118 sebagian merupakan timbunan tanah.

“Longsor dialami sebagian oleh lereng timbunan dan sebagian lain lereng asli di jalur ke arah Jakarta. Selain itu dari informasi warga setempat, tidak ada hujan saat longsor terjadi. Sehingga hujan bukan pemicu longsor,” katanya seperti dikutip dari Tempo.co.

Fakta lain di lapangan, terdapat genangan di sisi lereng timbunan jalan tol arah Bandung akibat tersumbatnya gorong-gorong oleh material longsoran yang terjadi pada Desember 2019. Secara ilmu hidrolika, kata Adrin, air genangan dapat mengalir ke dalam timbunan ke arah lereng di sisi seberangnya.

Selain itu tim LIPI juga menemukan banyak mata air di daerah lereng yang longsor kemarin. “Artinya terdapat aliran air di dalam timbunan yang longsor,” ujarnya.

Merujuk hasil percobaan yang pernah dilakukannya di Jepang untuk disertasi tentang mekanisme longsoran di lereng, Adrin menerangkan, aliran air di dalam lereng timbunan akan menghasilkan rembesan (seepage) di daerah kaki lereng. Dampaknya, tanah di daerah kaki atau bagian bawah lereng menjadi jenuh air.

“Akibat penjenuhan ini, daerah kaki lereng menjadi labil dan longsor sehingga tidak mendukung massa tanah di atasnya.”

Baca juga: Garuda Indonesia Pastikan Pesawat GA 858 Telah Melalui Inspeksi Sesuai Prosedur

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Provinsi Jawa Barat menyatakan penyebab longsor di sisi jalan tol CIpularang KM 118  akibat rembesan air dari kubangan sawah di seberang lokasi longsor. Kesimpulan ini tertuang dalam laporan tertulis BPBD Jabar, Minggu (16/2).

Dalam laporan itu disebutkan kalau petugas telah menguras genangan namun masih tersisa lumpur sedalam tiga meter. Selanjutnya mencari jalur gorong-gorong yang tersumbat untuk dikeruk.

Sementara itu PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan area jalan Tol Cipularang aman untuk dilalui pengguna jalan meski baru mengalami longsor.

“Area Jalan Tol Cipularang di sekitar lokasi tersebut masih aman dan lancar untuk dilalui oleh pengguna jalan. Kondisi saat ini pada lokasi longsor KM 118+600 Arah Jakarta, telah dilakukan pemasangan dolken/cerucuk dan sandbag,” tulis akun Twitter resmi Jasa Marga, Minggu (16/2).

Sebelumnya longsor akibat curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Bandung Barat, berdampak pada ruang milik jalan Jalan Tol Cipularang yang terletak sekitar 8 meter dari lokasi longsor, tepatnya di Km 118+600 arah Jakarta.

General Manager Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Pratomo Bimawan Putra mengatakan, telah dilakukan pengujian sondir pada area longsoran untuk mengetahui karakteristik tanah.

Selanjutnya, kata dia, direncanakan untuk menangani lereng dengan melakukan perkuatan dengan boredpile dan retaining wall untuk menstabilkan kondisi lereng, serta melakukan penataan saluran air dan perbaikan saluran irigasi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*