Kebijakan Pemerintah Arab Bikin Sahrul Gunawan Panik, Ini Sebabnya

Kolase, Ka'bah - Sahrul Gunawan | Foto: tirto.id/kumparan.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Langkah pemerintah Arab Saudi yang menutup sementara akses warga dunia yang hendak umrah di Tanah Suci hingga waktu yang belum ditentukan membuat aktor Sahrul Gunawan panik. Pasalnya keputusan ini berdampak pada 200 jamaahnya yang batal umrah.

Sahrul yang menekuni bisnis travel haji dan umrah sejak tiga tahun terakhir ini kaget dengan keputusan yang mendadak ini.

“Tadi pagi tahunya, gue mau sahur sampai nggak bisa makan. Pas baca ada berita itu kan gimana nih, ini kan hajat hidup banyak orang karena kan agen, jemaah, mitra dan semuanya di seluruh Tanah Air,” katanya, Kamis (27/2).

Sahrul Gunawan panik karena ada sekitar 200 jemaahnya yang siap diberangkatkan pada 28 Maret dan 1 Maret 2020, terancam dibatalkan.

“Alhamdulillah yang di travel aku hari ini nggak ada keberangkatan. Tapi nanti tanggal 28 Febuari dan tanggal 1 Maret ada 200-an jemaah. Maka bingung juga. Jemaah bingung juga,” tutur Sahrul Gunawan.

Baca juga: Dipanggil Kepolisian Terkait Kasus Pembobolan Kartu Kredit, Gisel dan Tyas Mirasih Tak Hadir

Sampai saat ini, Sahrul Gunawan masih mencari informasi mengenai penutupan perjalanan umrah oleh pemerintah Arab Saudi. Bahkan, aktor 43 tahun ini ingin menjumpai pengurus Amphuri (Asosiasi Muslim Penyelenggara Umrah dan Haji) untuk mengetahui lebih jelas kasus ini.

“Semoga yang benar itu adalah beberapa hari Saudi Arabia mempersiapkan alat deteksi, untuk semua masyarakat dunia yang mau masuk ke Saudi. Karena kan sekarang belum lengkap katanya. Tapi kan masih simpang siur. Jadi masih belum jelas. Ya gue paniklah,” terang Sahrul Gunawan.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi melarang kunjungan warga negara asing untuk memasuki wilayahnya sementara waktu karena penyebaran virus corona (Covid-19). Tak hanya melarang kunjungan dalam rangka ibadah umrah, Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi, Madinah.

“Menghentikan sementara warganegara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah Umroh dan mengunjungi Mesjid Nabawi,” demikian rilis dari Kemlu Arab Saudi, Kamis (27/2).

Saudi juga melarang turis dari negara-negara yang sudah terkena virus corona. “Menghentikan masuknya warga negara ke Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan visa wisata, bagi mereka yang datang dari negara-negara yang terkena wabah virus Corona baru (COVID-19), merujuk kepada kriteria yang ditetapkan oleh lembaga kesehatan terkait Pemerintah Kerajaan,” bunyi keputusan tersebut. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*