fbpx

Mengandung Beta-karoten Tinggi, Salak Mampu Mencegah Kanker Hingga Kardiovaskaular

 data-srcset
Ilustrasi | Foto: cookin.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Salak merupakan buah musiman yang tidak bisa bertahan lama, makanya seringkali dibikin manisan. Saat ini di Indonesia adalah musim buah-buahan, termasuk salak. Buah tropis ini mudah dijumpai dan harganyapun relatif murah.

Namun, tahukah Anda bahwa buah ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari situs Health Benefits Time, nutrisi utama dalam buah salak termasuk zat besi, fosfor, kalsium, lemak, karbohidrat, vitamin B, dan vitamin C. Salak bahkan mengandung setidaknya lima kali lebih banyak beta-karoten yang terkandung dalam sebagian besar buah-buahan.

Beta-karoten merupakan antioksidan yang unggul untuk mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular. Salak juga bisa membuat penglihatan menjadi lebih baik, serta untuk pengobatan penyakit perut seperti gangguan pencernaan dan diare.

Manfaat utama salak lainnya adalah menambah daya ingat dan bisa menurunkan berat badan. Wanita hamil juga dianjurkan untuk makan buah salak demi menjaga kadar gula darah yang stabil selama kehamilan.

Berikut ini beberapa manfaat lain buah salak seperti dilansir Organic Facts:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kalium yang ditemukan dalam salak membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan Beta-karoten yang tinggi, buah ini juga dapat mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, yang menurunkan ketegangan keseluruhan pada sistem kardiovaskular.

Baca juga: Makan Durian Sambil Ngopi Berbahaya? Begini Faktanya

2. Meningkatkan Memori

Kandungan mineral dan bahan aktif dalam salak seperti potasium, beta-karoten, dan pektin mampu meningkatkan aliran darah ke otak, yang membuat kognisi dan daya memori seseorang menjadi lebih baik. Buah ini juga membantu menghilangkan stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif.

3. Meningkatkan Energi

Salak mampu meningkatkan stamina dan menstimulasi metabolisme yang dapat memberikan dorongan kuat untuk energi tubuh. Karbohidrat yang ditemukan dalam buah ini juga baik untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari.

4. Penurunan Berat Badan

Salak memiliki kandungan tinggi serat makanan yang ideal untuk meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah ngemil yang tidak perlu dan makan berlebihan. Selain itu juga bisa meningkatkan efisiensi pencernaan dan menghilangkan gejala sembelit, kembung dan kram. (lna)


Berita lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *