Kabar Gembira Untuk Industri Angkutan Logistik, Dua Ruas Tol Ini Tarifnya Turun

Ilustrasi | Foto: net
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Lintas Marga Sedaya (LSM) operator jalan tol Cikopi-Palimanan dan PT Jasamarga Surabaya Mojokerto operator jalan tol Surabaya-Mojokerto menyesuaikan tarif sesuai dengan siklus 2 tahunan yang diatur regulasi.

Hasilnya tarif untuk kendaraan kecil dinaikkan, sedangkan kendaraan besar diturunkan pada awal tahun ini.

Dikutip dari Bisnis.com, pemberlakuan tarif baru di dua ruas tol tersebut menyusul penyesuaian serupa pada empat ruas jalan tol di penghujung 2019. Keempat ruas itu yakni Jakarta—Tangerang, Tangerang—Merak, Jagorawi, dan Makassar seksi IV.  Sehingga total enam ruas tol yang telah melakukan penyesuaian tarif.

Tarif jalan tol dievaluasi setiap 2 tahun berdasarkan Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Badan usaha jalan tol bisa mengajukan penyesuaian tarif sepanjang bisa memenuhi standar pelayanan minimum (SPM).

Sejauh ini, pengubahan tarif jalan bebas hambatan telah memulai tonggak penting karena terjadi penyederhanaan golongan kendaraan pada sistem penarifan. Semula, tarif dibanderol untuk lima golongan kendaraaan. Namun, mulai 2018, tarif jalan tol diberlakukan untuk tiga golongan kendaraan saja.

Golongan kendaraan III, IV, dan V menjadi pihak yang paling menikmati penyesuaian tol.

Di jalan tol Sedyatmo, misalnya, tarif baru yang berlaku sejak 14 Februari 2019 untuk golongan kendaraan IV dan golongan kendaraan V turun masing-masing 12 persen dan 26,60 persen. Kedua golongan tarif tersebut kini dipatok Rp11.000.

Demikian juga dengan tarif baru di jalan tol Cipali yang berlaku 3 Januari 2020, tarif terjauh (barrier to barrier) untuk golongan kendaraan III, IV, dan V turun berkisar 12,94 persen—27,45 persen.

Baca juga: Selain Cipali, Ini Daftar Tol Yang Alami Kenaikkan Tarif per 2020

Sementara itu, tarif untuk golongan kendaraan I dan II naik masing-masing 5,39 persen dan 15,68 persen.

Presiden Direktur LMS Firdaus Aziz mengatakan bahwa penurunan tarif untuk tiga golongan kendaraan diharapkan bisa mendorong kegiatan logistik di dalam negeri.

Dia menambahkan bahwa salah satu tujuan pembangunan jalan tol adalah membuka akses transportasi dan distribusi barang dari dan ke berbagai daerah.

“Dengan kata lain, pembangunan jalan tol memengaruhi percepatan pembangunan di daerah,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Para pemilik angkutan barang berharap supaya penyederhaaan golongan bisa diterapkan di semua ruas.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmadja Lookman mengatakan bahwa penurunan tarif tol untuk kendaraan dengan gardan lebih dari empat merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap sektor logistik.

Penurunan tarif, lanjut Kyatmaja disebut cukup melegakan di tengah pos biaya operasional lain yang mengalami penaikan.

“Ini positif, khususnya untuk truk golongan 4 dan 5. Kami berharap ini bisa diterapkan di semua ruas tol karena toh truk itu 5 persen saja dari jumlah kendaraan di tol,” jelasnya (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*