Ade Irawan, Dari Figuran Hingga Perankan Istri AH Nasution Dalam G30 S-PKI

Ade Irawan | Foto: net
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Masih ingat salah satu adegan dalam film G30 S – PKI? Malam pada saat rumah Jenderal AH Nasution kedatangan Pasukan Cakrabirawa pada waktu dini hari, yang akhirnya menewaskan sang puteri Ade Irma Suryani saat berada dalam gendongan ibundanya.

Ya, pemeran istri AH Nasution itu adalah Ade Irawan yang telah berpulang ke Rahmatullah pada Jumat (17/1), tepat 11 hari setelah meninggalnya sang puteri, Ria Irawan.

Artis senior yang telah memainkan ratusan film itu memulai kiprahnya di dunia perfilman Tanah Air sejak tahun 1964. Berbagai genre film telah dibintangi wanita pemilik nama asli Arzia Dahar. Hampir separuh usianya dihabiskan untuk dunia seni peran Tanah Air.

Mengawali karier sebagai figuran dalam film Di Ambang Fadjar. Sampai akhirnya Ade Irawan menjadi menjadi bintang utama dalam film Tjinta di Udjung Tahun pada tahun 1965.

Ade Irawan tercatat telah memainkan ratusan film semasa hidupnya. Beberapa film kenamaan seperti Pengkhianatan G-30-S P.K.I., Roda-Roda Gila dan masih banyak lagi.

Baca juga: 15 Tahun TVRI Moratorium Pegawai Begini Cara Helmy Yahya Optimalkan Kinerja

Kakak Ria Irawan, Dewi Irawan dalam unggahannya di Instagram menceritakan ibundanya yang memerankan Johanna, istri Jenderal AH Nasution dalam film bersejarah Pemberontakan G30 S PKI. Tak hanya postur tubuh yang menjadi alasannya. Namun istri Jenderal Nasution sendirilah yang melihat Ade Irawan mirip dirinya saat kejadian tahun 1965.

Selain berakting, Ade Irawan juga aktif menulis skenario film. Ada dua film yang ia tulis skenarionya yaitu Fajar Menyingsing dan Belas Kasih pada tahun 1975.

Tak hanya layar lebar, Ade Irawan juga pernah bermain dalam sinetron. Meskipun jumlahnya tak sebanyak film yang telah dibintanginya.

Beberapa penghargaan telah disabet oleh Ade Irawan selama menapaki karir sebagai pelakon seni. Yang terakhir sebelum meninggal dunia, Ade Irawan mendapat penghargaan Lifetime Achievement di FFI 2019 lalu.

Ade Irawan dikarunia 5 orang anak dari pernikahannya dengan Bambang Irawan. Dua di antaranya ada yang mengikuti jejaknya sebagai seorang artis yaitu Ria Irawan dan Dewi Irawan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*