China Ancam AS Atas Lolosnya RUU Yang Mendukung Pengunjuk Rasa

Aksi pengunjuk rasa di Hong Kong | Foto: scmp.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – China bereaksi keras atas langkah Senat Amerika Serikat (AS) yang meoloskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Demokrasi yang artinya ikut mendukung aksi pengunjuk rasa di Hong Kong, yang telah berlangsung sejak enam bulan terakhir.

China menegaskan ancamannya untuk melancarkan pembalasan jika RUU itu disahkan menjadi UU. China juga mendesak pemerintah AS untuk berhenti mencampuri urusan Hong Kong, wilayah yang dikendalikannya.

Secara terpisah, pemerintah kota Hong Kong mengutarakan penyesalan yang mendalam atas RUU tersebut, dengan mengatakan bahwa hal itu akan berdampak negatif pada hubungan antara Hong Kong dan AS.

Dalam pernyataannya, pemerintah Hong Kong menggarisbawahi bahwa AS memiliki surplus perdagangan yang lebih besar dengan kota tersebut ketimbang yurisdiksi lain mana pun, dan menyebutkan bahwa banyak perusahaan dan warga Amerika tinggal di wilayah itu.

“Setiap perubahan unilateral dari kebijakan ekonomi dan perdagangan AS terhadap Hong Kong akan menciptakan dampak negatif pada hubungan antara kedua pihak serta kepentingan AS sendiri,” tulisnya. dilansir dari Bloomberg, pada Rabu (20/11).

Baca juga: Perekonomian Hong Kong Diprediksi Terkoreksi Minus 1,3% Tahun Ini Akibat Demo

Sebelumnya, pada Selasa (19/11), Senat AS dengan suara bulat meloloskan rancangan undang-undang (RUU) untuk mendukung para pengunjuk rasa di Hong Kong dan memperingatkan China atas tindak kekerasan terhadap demonstran.

Kebijakan Senat ini mendorong adanya kewajiban tinjauan tahunan status khusus Hong Kong di bawah UU AS, guna menilai sejauh mana China telah merenggut kebebasan di negara kota tersebut.

Langkah tersebut sekaligus menjadi tantangan bagi pemerintah di Beijing di tengah upaya Negeri Tirai Bambu dan AS mencapai perjanjian pendahuluan untuk mengakhiri perang dagang antara kedua negara.

Diloloskannya RUU oleh Senat AS yang diikuti ancaman pembalasan dari China sontak membebani rata-rata bursa saham global pada Rabu (20/11). Selain itu juga mengancam terjadinya resesi ekonomi di negara tersebut menjadi yang terparah dalam satu decade terakhir.

Posisi Hong Kong sebagai pusat keuangan global telah terguncang oleh aksi protes dan tindakan yang diambil kepolisian setempat selama lebih dari lima bulan belakangan.

Anggota parlemen AS telah menyuarakan dukungan kuat untuk para demonstran dan memperingatkan China agar tidak menanggapi aksi protes dengan kekerasan, sementara pihak berwenang Hong Kong mengatakan mereka hanya berusaha menegakkan hukum. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*