Angin Puting Beliung Robohkan Aula SMKN I Miri, 14 Siswa Luka

Kolase, Aula SMKN I Miri roboh diterjang angin puting beliung | Foto: cakrawala.co/tepianindonesia.com
Mari berbagi

JoSS, SRAGEN – Hujan deras disertai angin kencang atau puting beliung menyebabkan bangunan aula SMKN 1 Miri Sragen, Jawa Tengah roboh, Selasa (20/11).

Kepala sekolah tersebut, Sarno, menyatakan sebanyak 14 siswa mengalami luka-luka. Mereka yang luka sudah dievakuasi dan mendapatkan perawatan medis di rumah sakit terdekat.

Dalam rilis yang diterima dari Kapusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) Agus Wibowo menyatakan angin kencang yang merobohkan bangunan sekolah itu terjadi pukul 15.56 WIB.

Sementara itu, pantauan BPBD setempat tidak hanya merobohkan bangunan sekolah tersebut tetapi juga merusakan genting rumah serta pohon tumbang di beberapa titik.

“Sehubungan dengan mulainya pergantian musim di beberapa wilayah, potensi bahaya angin kencang dan puting beliung makin tinggi. Masyarakat diharapkan untuk waspada terhadap potensi bahaya tersebut,” ujar Agus.

Baca juga: Kunjungi Keluarga Korban Sekolah Ambruk di Pasuruan, Nadiem: Saya Luar Biasa Sedih

Salah satu upaya yang dapat dilakukan, kata dia, adalah dengan memerhatikan pohon-pohon di sekitar yang memiliki potensi risiko roboh.

“Kita dapat memangkas ranting pohon sehingga potensi roboh dapat dikurangi. Potensi bahaya angin kencang dan puting beliung biasanya terjadi pada saat pergantian musim dari musim kemarau ke penghujan dan sebaliknya,” ujar Agus.

Sementara itu Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno saat mendatangi lokasi kejadian Aula di SMK Negeri 1 Miri Kabupaten Sragen  mengatakan angin kencang tejadi Rabu (20/11) sore. Sedikitnya 22 siswa dilaporkan terluka. “Kejadian sekitar jam 15.00,” katanya, seperti dikutip dari Detik.com.

Berdasarkan keterangan dari pihak sekolah, lanjut Dedy, peristiwa berawal ketika para siswa kelas 10 dan 11 jurusan Teknik Pengelasan itu melakukan praktik mengelas di luar ruangan. Lalu hujan turun dan disertai angin kencang.

Para siswa kemudian berteduh di aula berbentuk joglo berukuran sekitar 20×10 meter. Tiba-tiba saja aula itu ambruk dan menimpa puluhan siswa tersebut. “Korban 22 orang, kelas 10 dan 11 jurusan Teknik Pengelasan. Sudah dirujuk ke beberapa rumah sakit,” ujar Dedy. Pantauan di lokasi, aula tersebut ambruk dan rata dengan tanah. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*