fbpx

Semangat Diet Anda Menurun? Coba Menu Ini

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG  – Bagi Anda yang tengah dalam program penurunan berat badan, ada saatnya Anda mengalami kejenuhan. Apalagi jika melihat timbangan yang terus stagnan di posisi tersebut setiap harinya.

Jangan keburu patah semangat, mungkin ada yang salah dengan menu diet Anda. Untuk menghindari rasa jenuh saat diet, berikut sejumlah cara mudah agar diet terasa lebih menyenangkan, dikutip dari Times of India.

Senin

Motivasi diet tertinggi ada di hari Senin, karena itulah banyak orang yang menunggu hari Senin untuk memulai program diet. Manfaatkan motivasi yang sedang memuncak ini untuk berolahraga. Cobalah bangun 45 menit lebih awal untuk pergi ke gym atau sekedar lari pagi. Lalu awali hari dengan menu sarapan sehat seperti telur, buah, dan yoghurt.

Selasa

Hari Selasa bisa menjadi hari yang tepat untuk menjalani diet ketat karena motivasi yang masih tinggi, jadi konsumsilah jenis makanan yang rendah karbohidrat dan lemak, tentunya tetap berolahraga.

Pilih makanan yang kaya protein seperti olahan dada ayam, ikan, salad sayur, dan buah. Hindari konsumsi minuman manis, pastikan hanya air putih yang jadi andalan. Terapkan menu diet ini di hari Senin dan Selasa.

Rabu

Di hari Rabu, motivasi untuk diet biasanya akan mulai menurun. Seraya tetap mengonsumsi makanan seperti di hari Selasa, cobalah untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai, berbelanja misalnya. Anda bisa membeli stok buah, sayur, yoghurt, dan makanan sehat lainnya untuk menambah motivasi.

Kamis

Melansir Today,  hari Kamis juga bisa menjadi penentu diet di akhir pekan. Jika Anda berencana untuk pergi dan makan-makan di akhir pekan, sebaiknya kurangi asupan kalori di hari Kamis dan Jumat agar Anda bisa menikmati makanan dengan lebih bebas di hari Sabtu atau Minggu.

Baca juga: Waspadai Diet Rendah Karbohidrat, Ini Yang Terjadi Pada Jantung

Jumat

Di hari Jumat, sejumlah orang akan pergi makan malam, untuk itu, sebaiknya Anda mengonsumsi menu sehat saat sarapan dan makan siang, berupa yogurt untuk sarapan serta olahan daging dengan sayur tanpa nasi untuk makan siang.

Hari Jumat juga bisa menjadi hari untuk mengevaluasi jadwal diet yang sudah Anda lakukan selama 5 hari. Jika Anda merasa jadwal diet berjalan dengan sukses, berikan penghargaan untuk diri sendiri dengan cara melakukan hal-hal yang disukai seperti berendam di air hangat atau berbelanja. Hal ini akan memotivasi Anda untuk selalu mengikuti jadwal diet.

Sabtu

Hari Sabtu dapat Anda jadikan sebagai cheat day atau hari di mana Anda ‘libur’ dari menu sehat dan bisa mengonsumsi makanan kesukaan Anda selama jam-jam tertentu, yaitu mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore, atau mulai pukul 4 sore hingga 9 malam. Sisanya Anda tetap perlu makan sehat.

Minggu

Sebelum menyambut rutinitas di hari Senin, lakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bersepeda atau jalan-jalan sore agar suasana hati tetap terjaga. Untuk menu, Anda masih bisa mengkonsumsi makanan kesukaan Anda, namun tetap jaga porsinya. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *