fbpx

Penobatan Kaisar Naruhito Jadi Lawatan Perdana Wapres Ma’ruf Amin ke Jepang

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan menghadiri penobatan Kaisar Naruhito hari ini, Selasa (22/10). Agenda bersejarah Kekaisaran Jepang itu sebelumnya dikabarkan ditunda akibat bencana alam Topan Hagibis beberapa hari lalu.

Ma’ruf Amin mengatakan langsung bertolak ke Jepang, Senin(21/10) pagi usais melakukan serah terima memori jabatan dengan mantan wapres Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Senin (21/10).

Didampingi istrinya, Wury Ma’ruf Amin, Ma’ruf berangkat dari Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada pukul 10.00 WIB atau pukul 12.00 waktu Jepang. Ia diperkirakan akan tiba di Bandar Udara Internasional Narita, Tokyo pada pukul 19.30 waktu Jepang.

“Saya dan rombongan terbatas berangkat menuju Jepang untuk mewakili pemerintah Indonesia dalam Upacara Penobatan Kaisar Jepang Naruhito,” ujar Ma’ruf, dikutip dari CNNIndonesia.

Penobatan Kaisar Naruhito akan dilakukan di The Seiden (State Hall) Imperial Palace pada Selasa (22/10). Ma’ruf dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Selasa malam.

Baca juga: Komite Keselamatan Jurnalis Dorong Kemenlu Kawal Kasus Penembakan Veby Mega

Dalam kunjungan ke Jepang kali ini, Ma’ruf didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. “Setelah upacara penobatan, saya dan rombongan akan langsung kembali ke Jakarta dan tiba di Jakarta, insyaallah selasa malam,” katanya.

Hal itu dikonfirmasi oleh pelaksana tugas juru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah. “Iya benar informasinya pak Ma’ruf akan ke Jepang untuk hadiri penobatan Kaisar,” katanya.

Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik Sekretariat Wakil Presiden Rusmin Nuryadin mengatakan Penobatan Kaisar Naruhito akan menjadi kunjungan kenegaraan perdana Ma’ruf sebagai Wakil Presiden RI.

Naruhito sendiri telah diangkat sebagai Kaisar Jepang pada Mei lalu menggantikan sang ayah, Kaisar Akihito, yang memutuskan turun takhta.

Gelaran upacara tersebut sempat terancam tertunda setelah Jepang dihantam topan Hagibis pada pekan lalu. Topan super dan terpanjang itu mengakibatkan hampir 80 orang tewas dan sejumlah wilayah di Jepang porak-poranda.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga menyatakan menunda parade penobatan Kaisar Naruhito karena pemerintah masih fokus untuk menangani situasi pascabencana. Meski begitu, penobatan resmi Kaisar Naruhito tetap digelar pada Selasa (22/10). (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *