Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

76.981

78.572

2%

Kasus Baru

1.282

1.591

24%

Update: 14 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

‘Diplomasi Sumo’ Trump-Naruhito Jadi Pembuka Pertemuan Kaisar Baru Jepang

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, TOKYO – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melakukan lawatan ke Jepang, Senin (27/5). Kunjungan ini sekaligus menandai dia menjadi pemimpin dunia pertama yang bertemu dengan kaisar baru Jepang Naruhito.

Setelah Trump dan Naruhito saling menyapa di Istana, mereka berdua berdiri di karpet merah saat lagu kebangsaan kedua negara diputar dengan bendera kedua negara berkibar tertiup angin.

Baca jugaDianggap Ancaman, Trump Larang Penggunaan Peralatan Telekomunikasi China

Saat band militer beraksi, Trump yang mengenakan jas berwarna gelap dan dasi merah memeriksa pasukan kehormatan Jepang dan menyapa sejumlah pejabat Jepang dan AS.

Naruhito mengenakan dasi biru muda sementara permaisuri Masako yang mengenakan topi putih dan jaket mendampingi Trump dan istrinya, Melania.

Kunjungan ke istana yang akan dilanjutkan dengan perjamuan makan malam merupakan acara utama lawatan Trump ke Jepang yang diawali dengan golf, makan-makan, dan menonton kejuaraan sumo.

Saat makan malam dengan Perdana Menteri Shinzo Abe di sebuah restoran daging panggang khas Jepang, Sabtu (25/5), Trump mengaku sangat menikmati kunjungannya dan tidak sabar bertemu Kaisar Naruhito yang dilantik pada tiga pekan lalu menggantikan ayahnya Akihito.

“Sudah lebih dari 200 tahun hal semacam ini terjadi. Jadi, adalah sebuah kehormatan besar mewakili Amerika Serikat,” ujar Trump

Dalam lawatannya, Trump mempersembahkan piala khusus buatan ‘Negeri Paman Sam’ untuk pemenang turnamen sumo. Trump diberi kehormatan untuk menonton pertandingan gulat tradisional Jepang tersebut.

Kehormatan itu disebut Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sebagai ‘diplomasi sumo’. Di Jepang, Abe melakukan pendekatan dengan Trump lewat tiga hal, yakni sumo, burger keju, dan golf.

Trump dan istrinya, Melania Trump, bergabung dengan Abe dan istrinya, Akie, menyaksikan pria-pria besar bertarung. Mereka menonton bersama 11.500 penggemar sumo di Stadion Ryogoku Kakugikan.

Trump menjadi presiden Amerika Serikat pertama yang berpartisipasi dalam upacara penghargaan seperti itu di Jepang. “Itu hadiah untuk dilihat para atlet hebat ini,” kata Trump, dilansir dari laman The Globe, Senin (27/5).

Trump melakukan kunjungan kenegaraan selama empat hari di Jepang. Lawatannya untuk menunjukkan seberapa kuat aliansi Washington-Tokyo. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*