fbpx

Konstruksi Rampung Tahun Ini, 140 Penerbangan Domestik Dialihkan ke YIA

Mari berbagi

JoSS, KULONPROGO – Progres pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo ditarget rampung tahun ini untuk mempersiapkan angkutan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Sebanyak 140 penerbangan dialihkan dari Bandara Adisutjipto.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manajer Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan saat ini progress pembangunannya mencapai 88% dan target rampung akhir tahun ini. Sesuai rencana itu, seluruh penerbangan domestik nantinya akan dipindah ke YIA pada pertengahan Januari 2020.

“Nantinya minimal akan ada 140 flight internasional per hari yang terlayani di YIA,” ujarnya, belum lama ini.

Sementara untuk penerbangan internasional masih menunggu proses setting CIQ (custom immigration quarantine) seperti peralatan imigrasi, karantina, dan bea cukai. Penyelesaiannya diberi waktu dua bulan sehingga diperkirakan seluruh rute penerbangan internasional dapat dipindah ke YIA pada bulan Maret atau awal April 2020.

Baca juga: Pemerintah Bakal Gunakan O-Bahn Sambungkan YIA dengan Borobudur

“Jadi, pemindahan penerbangan domestik direncanakan pada bulan Januari sedangkan internasional sekitar Maret atau April tahun depan. Setelah itu, yang ada di Bandara Adisutjipto hanya tersisa propeller saja,” terang Pandu.

Agus Pandu menjelaskan, demi memaksimalkan pelayanan, pada Desember mendatang yaitu pada saat pembangunan ruang tunggu selesai, terminal domestik rencananya akan dipindah ke lantai tiga. Kemudian di bagian bawah, digunakan untuk layanan penumpang internasional.

“Dengan kapasitas delapan persen terminal saat ini, secara umum para penumpang tetap bisa kita layani dengan baik,” ucapnya, seperti dikutip dari Tagar.id.

Agus Pandu menambahkan, YIA kini sudah didarati pesawat berbadan lebar yaitu Garuda Indonesia jenis Aibus 330 seri 200. Pesawat berkapasitas 222 penumpang ini, nantinya akan melayani penerbangan reguler setiap Jumat dan Minggu.

“Penerbangan baru dari maskapai Garuda Indonesia ini akan melayani rute YIA-Soekarno Hatta dan juga sebaliknya dengan dua penerbangan dalam sepekan,” terangnya.

Dikatakan, sejak beberapa minggu lalu sudah ada tambahan penerbangan, yakni dari Citilink, Lion Air dan Air Asia. Sehingga hingga kini ada 30 flight, yang dilayani di YIA. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *