Dalam Sepekan Lalu Ada Penambahan 4 Rute Penerbangan dari YIA

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Jumlah penerbangan di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulonprogo terus bertambah. Sejak minggu lalu sudah ada penambahan empat rute domestik dari maskapai penerbangan. Dengan penambahan tersebut saat ini total ada 30 penerbangan melalui bandara baru ini.

Plt General Manager Yogyakarta International Airport Agus Pandu Purnama mengatakan penambahan penerbangan tersebut masing-masing, Airasia ke Lombok, kemudian Citilink dua penerbangan ke Halim Perdanakusuma Jakarta dan juga Lion Grup yaitu Lion Air juga Batik Air.

Dia menjelaskan sejak minggu lalu maskapai penerbangan Citilink telah menambah rute baru, yaitu Palembang, Kualanamu dan juga Kalimantan. Selain itu, ada Lion Air sehingga total sampai hari ini sudah ada 30 penerbangan melalui YIA.

“Kemudian hari ini, kita ketambahan Garuda Indonesia yang menggunakan pesawat berbadan lebar tipe A330 seri 200,” tutur Pandu, belum lama ini.

Rencananya maskapai ini akan terbang setiap hari Jumat dan Minggu. Mendaratnya Garuda Indonesia dengan pesawat berbadan lebar tersebut merupakan yang kali pertama di bandara YIA.

Baca juga: Jalur Purworejo – Borobudur Diusulkan Jadi Penghubung Wisatawan dari YIA

Dikutip dari Suara.com, Pandu menuturkan dengan penambahan rute atau jumlah penerbangan tersebut maka secara otomatis otoritas bandara juga akan menambah fasilitasnya.

Pandu mengaku telah berkoordinasi dengan PT KAI Daop 6 agar menambah jumlah frekuensi kereta bandara yang berhenti di Stasiun Wojo. “Karena selama ini baru ada tujuh rangkaian kereta yang berhenti di Stasiun Wojo,”tambahnya.

Pandu mengatakan, sebenarnya ada 32 rangkaian yang disiapkan oleh PT KAI untuk kereta bandara tersebut. Namun, dia belum mengetahui mengenai perizinan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkaitan dengan rencana operasional kereta bandara.

Jika sudah ada izin dari Kemenhub maka secara otomatis akan ada penambahan jumlah rangkaian kereta yang berhenti di Stasiun Wojo. Pihaknya sudah memberitahukan kepada PT KAI perihal penambahan jumlah penerbangan tersebut.

Menurutnya, harus sejalan antara penambahan jumlah penerbangan dengan rangkaian kereta api yang disediakan oleh PT KAI untuk mengakomodir penumpang dari YIA ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*