fbpx

Keluar Dari Istana, Sri Mulyani : Suatu Kehormatan Bisa Kembali Jadi Menkeu

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Sri Mulyani Indrawati dipastikan akan kembali menjabat Menteri Keuangan (Menkeu) pada pemerintahan Presiden Jokowi periode kedua. Hal itu diungkapkannya, usai memenuhi panggilan untuk hari di Istana Merdeka, Selasa (22/10).

Perempuan kelahiran Bandar Lampung itu telah menjabat sebagai Menkeu di kabinet pertama Jokowi mulai 2016 lalu, saat dirinya masih menjabat sebagai Direktur Pelaksana World Bank.

“Pak Presiden mengatakan prioritas yang sangat penting bagi saya, suatu kehormatan bisa melaksanakan tugas kembali jadi Menteri Keuangan,” kata Sri Mulyani di Istana, Jakarta Pusat, Selasa (22/10).

Sri Mulyani sendiri mengaku telah merancang anggaran baik untuk pusat maupun daerah. Dia ingin anggaran tersebut bisa dimanfaatkan dengan optimal.

“Cita-cita Pak Presiden bangun Indonesia dengan birokrasi yang bersih dari korupsi dan dari sisi perekonomian berkualitas itu cita-cita yang baik. Kita selalu terbuka terhadap dinamika yang ada tidak ada kebijakan statis kita terus melihat dinamika kita lihat sumber daya kita miliki dan apa-apa yang perlu kita tingkatkan,” katanya.

Baca juga: Prabowo Sebut Jadi Menhan, Segini Anggaran Kemenhan

Sri Mulyani yang juga Alumni SMA 3 Semarang ini lahir dalam keluarga akademisi. Ayah dan ibunya, merupakan seorang dosen. Selanjutnya Ani sapaan akrabnya ini menempuh studi strata satu nya di Universitas Indonesia dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi.

Dia kemudian memperoleh gelar Master dan Doctor di bidang Ekonomi dari University Illinois di Urbana-Champaign. Sebelum menjadi Menteri Keuangan, Sri Mulyani pernah mencicipi jabatan sebagai Kepala Bappenas pada tahun 2004-2005.

Singkat cerita, pada 2008-2009 dia pernah menjadi Pelaksana Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Boediono yang saat itu dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI).

Namun, pada 1 Juni 2010 ia memilih untuk bergabung di World Bank sebagai Direktur Pelaksana. Jabatan tersebut ia emban hingga 2016, sebelum akhirnya dipinang Presiden Joko Widodo untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, sejumlah penghargaan bergengsi pun berhasil diraihnya. Mulai dari penghargaan menteri keuangan terbaik versi majalah Finance Asia. Perempuan kelahiran Bandar Lampung itu mendapat penghargaan sebagai menteri terbaik dunia tiga kali berturut-turut.

Kini, Sri Mulyani kembali dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Sri Mulyani merupakan satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *