Ini Harapan Pengusaha Untuk Kabinet Baru Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin Dilantik di MPR, minggu lalu | Foto: twitter Sekretariat Negara @KemensetnegRI
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kalangan pengusaha meminta Jokowi mengganti menteri yang kinerjanya belum optimal. Catatannya, ada beberapa menteri yang belum bekerja optimal, di antaranya Kementerian Perdagangan.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta dan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simajorang mengatakan pihaknya juga berharap, menteri BUMN pada periode kedua Jokowi diganti, dan dapat mengambil peran sebagai penyangga stabilisasi pasar dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

Selain itu, Sarman mengkritik kinerja Kementerian Kementerian Pertanian yang sempat gaduh dengan Kementerian Perdagangan dan Bulog terkait impor beras beberapa waktu lalu.

“Dari sisi perdagangan, menurut hemat saya, kinerja saat ini masih kurang karena dari sisi ekspor sangat menurun, sehingga transaksi berjalan kurang seimbang,” katanya seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Sarman juga memberikan perhatian terhadap kinerja Kementerian BUMN. Menurutnya, lembaga itu kerap mengeluarkan kebijakan dan proyek yang dinilainya kurang cocok untuk dikerjakan, sehingga merugikan pihak swasta.

Baca juga: Dewan Pers: Awak Media Wajib Kawal Dan Ingatkan Pemenuhan Janji Pemilu

“Untuk BUMN, kita lihat belum sesuai harapan. BUMN kita malah di luar dari perkiraan, mungkin karena kebijakan yang kurang pas. Proyek- proyek yang seharusnya tidak perlu, tapi kita lihat malah diambil oleh BUMN sehingga kalangan swasta tidak kebagian proyek,” katanya.

Sektor lain yang juga mendapatkan perhatiannya adalah, usaha mikro kecil dan menengah serta koperasi.

Sementara itu Ketua Komite Tetap Bidang Ketenagakerjaan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bob Azzam mengatakan selain fokus pada kabinet barunya, Jokowi ke depan juga harus memperbaiki pelaksanaan semua kebijakan yang sudah diambilnya.

Perbaikan diperlukan karena ia melihat sejumlah kebijakan yang diambil Jokowi untuk memperbaiki ekonomi dalam negeri masih jauh panggang dari api.

Permasalahan tersebut bisa dilihat dari pelaksanaan paket kebijakan ekonomi yang sudah dikeluarkan Jokowi. Bob mengatakan dalam realisasinya, paket kebijakan ekonomi tersebut hanya tampak bagus di atas kertas.

Di lapangan, pelaksanaan paket kebijakan ekonomi masih lemah.”Paket kebijakan ekonomi yang diharapkan dapat mendongkrak daya saing & pertumbuhan ekonomi nasional hanya bagus di atas kertas, tapi lemah di pelaksanaan,” Kata Bob. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*