Fokus Nyalon Wali Kota Solo, Gibran Delegasikan Usaha Kuliner ke Kaesang

Gibran Rakabuming Raka | Foto: detik.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Setelah resmi menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Gibran Rakabuming Raka kini menyatakan komitmennya fokus terjun ke dunia politik, yakni mengikuti pilkada kota Solo pada 2020 mendatang.

Putra Sulung Presiden Joko Widodo itu bahkan bakal mendelegasikan sebagian besar usaha kateringnya kepada adik bungsunya yakni Kaesang Pangarep.

Ditemui di acara Jakarta Culinary Feastival di Senayan, Jakarta pada Minggu (6/10), Gibran awalnya masih malu berbicara soal keinginan berpolitik.

Namun setelah dipancing perihal pilihannya menjalankan usaha kuliner dan berpolitik, Gibran akhirnya mulai buka-bukaan perihal preferensinya memilih politik dalam waktu dekat. “Ya, harus gitu,” tuturnya saat ditanyai tentang fokusnya di bidang politik.

“Kalau usaha bisnis kan bisa dijalankan orang lain. Sekarang kan Kaesang sudah lulus, sudah bisa saya delegasikan ke Kaesang. Minggu depan dia lulus,” ujar Gibran.

Sebagian besar usaha yang dijalankannya bersama Kaesang Pangarep, adiknya, termasuk Mangkok Ku, Ternak Kopi, Goola hingga makanan ringan dengan brand Siap Mas!, ia sebutkan akan diturunkannya pada Kaesang seandainya ia mencalonkan diri dalam Pilkada di wilayah Solo.

“Ya, sebagian besar akan di-manage oleh Kaesang. Ntar aja, belum waktunya. Pilkada masih lama,” sambungnya kemudian.

Lebih lanjut, Gibran mengakui dirinya sudah memiliki Kartu Tanda Anggota dari Partai PDI Perjuangan. Namun, ia tidak pernah berbincang pada ayahnya, Presiden RI Joko Widodo perihal pencalonan dirinya dalam Pilkada Solo.

“Nggak ada urusannya sama bapak,” tutupnya.

Sudah menjadi rahasia umum, ayah dari Jan Etes ini memiliki bisnis kuliner. Bahkan saat ini lini bisnis di bidang kuliner pun melebar dan secara tidak langsung dan menambah pundi-pundi keuangannya. Berikut adalah deretan bisnis kuliner Gibran Rakabuming

Meski kini berstatus anak presiden, Gibran tidak malu untuk menjalankan bisnis katering dengan nama Chilli Pari. Bahkan, ia mengaku bahwa Jokowi tidak memberikan bantuan modal kepada Gibran untuk memulai usaha kateringnya dan hanya memberikan saran.

Baca juga: Dalem Joyokusuman Bakal Dijadikan Pusat Kegiatan Seni Tradisional

Di awal merintis usahanya menerima pesanan makanan untuk 50 orang saja.  Kini, omzet yang bisa dikantongi Gibran lebih dari Rp 1 miliar per bulannya.

Tidak hanya Chilli Pari, Gibran juga dikenal dengan mendirikan bisnis kuliner martabak bernama Markobar. Bisnis ini kini sukses dan sudah memiliki 33 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.  Tidak hanya makanan, Gibran juga meluncurkan kuliner minuman kekinian yakni Goola.

Goola sendiri menawarkan aneka minuman tradisional seperti kacang hijau, es doger, dan es goola aren yang menjadi signature bisnis itu. Bisnis ini, diketahui mendapatkan pendanaan dari pemodal ventura, Alpha JWS Ventures sebesar Rp 70 miliar.

Di tahun 2019, Gibran terus melebarkan sayapnya di industri kuliner. Kini ia mulai merambah ke dunia resto, dengan membuka restoran Mangkok Ku. Restoran ini merupakan hasil kolaborasinya bersama Chef Arnold Poernomo, dan sang adik, Kaesang Pangarep.

Gibran melengkapi bisnis kulinernya dengan meluncurkan produk makanan dan minuman instan, hasil kolaborasi dengan sang adik, Kaesang. Dengan nama ‘Siap Mas’, produk makanan ini baru saja diluncurkan di bulan Agustus kemarin.

Ada yang berbeda dengan bisnisnya kali ini, karena Gibran dan Kaesang memutuskan untuk meluncurkan produk ‘Kemripik’ dan ‘Ngedrink’. Sesuai namanya, ada keripik renyah aneka varian, dan minuman seduh instan aneka rasa tradisional. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*