Bupati Banjarnegara Unggah Slip Gaji Rp5,9 Juta, Ganjar: Sabar

Kolase, viralnya unggahan slip gaji Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo | Foto: akurat.co/solopos
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta para kepala daerah di 35 kabupaten/kota untuk bersabar terkait dengan besaran gaji yang diterima tiap bulan. Hal itu menanggapi viralnya unggahan slip gaji Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di akun sosial medianya.

Menurutnya, seluruh bupati/wali kota bahkan gubernur sudah tahu proses apakah gaji kepala daerah akan naik atau tidak, karena hal itu sudah dibahas sejak lama oleh Presiden, Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

“Semua sudah dibahas, Kemendagri sudah menyusun itu. PP-nya sudah berujung, sebentar lagi selesai,” katanya.

Politikus Ganjar membocorkan rencana kenaikan gaji kepala daerah kemungkinan akan diluncurkan setelah pelantikan Presiden-Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019 dan Bupati Banjarnegara sudah mengetahui hal itu.

“Jadi itu (soal gaji kepala daerah, red) jangan diomongkan karena semua orang sudah tahu. Sebenarnya bupati sudah tahu, kan saat rapat di Istana Bogor, beliau juga hadir. Kalau memang tidak tahu, boleh bertanya pada saya, pada Kemendagri atau Presiden langsung,” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan bahwa persoalan gaji kepala daerah yang kecil sudah bukan rahasia lagi. “Semua tahu, bahwa gaji kepala daerah ya cuma segitu, makanya jangan rebutan. Kalau tidak mau gaji segitu, ya jangan jadi kepala daerah,” katanya.

Baca juga: Kekeringan, Lima Daerah di Jateng Krisis Air Bersih

Kendati menyesalkan viralnya unggahan slip gaji Bupati Banjarnegara itu, Ganjar mengaku tidak akan memberikan teguran kepada yang bersangkutan. “Tidak ada teguran, hanya saya sampaikan saja, sabar,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono ingin warga mengetahui pasti besaran gaji seorang bupati lewat unggahan slip gajinya pada bulan Oktober 2019 di media sosial.

“Dan harapan saya juga, mudah-mudahan Bapak Presiden juga melihat karena yang namanya bupati kalau protes dengan Presiden kan gak berani,” katanya di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Foto slip gaji bulan Oktober 2019 Bupati Banjarnegara menunjukkan gaji yang diterima Bupati Banjarnegara sebesar Rp6.114.100 dan setelah dipotong zakat Rp152.900 tersisa Rp5.961.200.

“Gaji itu sudah termasuk tunjangan anak dan istri,” kata Bupati.

Sementara itu, menurut dia, gaji seorang anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara sekarang Rp32 juta per bulan belum termasuk tunjangan operasional, biaya kunjungan kerja, dan sebagainya.

Setiap kali melakukan kunjungan kerja, dia melanjutkan, seorang anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara mendapatkan Rp5 juta, sedangkan Bupati Banjarnegara kalau ke Jakarta hanya sebesar Rp700 ribu per hari. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*