Mendagri Minta Kepala Daerah Segera Susun Anggaran Pilkada 2020

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo | Foto: bengkulutoday.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta kepada pemerintah daerah untuk segera menyusun anggaran Pilkada 2020. Tahun depan, ada 270 daerah, yakni di 9 provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten yang akan menggelar pemilihan kepala daerah.

“Bagi daerah yang akan mengadakan pilkada serentak 2020, untuk menganggarkan cukup tercukupi,” kata Tjahjo di Semarang, Rabu (3/7)  seperti dikutip dari Bisnis.com.

Mendagri mengingatkan anggaran tersebut harus mencukupi untuk KPU, Panwaslu, Gakkumdu dan semua lembaga yang terlibat. Semua anggaran Pilkada 2020 diambil melalui APBD masing-masing daerah.

ada juga buat pengamanan dari kepolisian, kejaksaan, dan lainnya. Maka disusun lewat KPPU harus melalui anggaran 2020,” ujar Tjahjo.

Untuk wilayah Jawa Tengah sendiri, ada 21 daerah yang akan menyelenggarakan pilkada, salah satunya Kota Semarang. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku anggaran Pilkada 2020 sudah disiapkan.

Baca juga: KPU Solo Tak Akan Pakai Penyelenggara Pemilu 2019, Ini Alasannya

“Soal berapa besaran anggaran Pikwakot, nanti akan dikoordinasikan dengan KPU. Sampai saat ini belum ada pembahasan dengan KPU,” ujarnya.

Menurut Hendi, sapaan wali kota, Pilkada di Semarang digelar pada September 2020 untuk kembali memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2020-2025.

Berikut 21 daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak 2010 di Jateng, yaitu: Kota Pekalongan, Kab. Pekalongan, Kota Semarang, Kab. Semarang, Kota Magelang, Kab. Kebumen, Kab. Rembang, Kota Surakarta, Kab. Purbalingga dan Kab. Boyolali.

Selain itu, ada Kab. Blora, Kab. Kendal, Kab. Sukoharjo, Kab. Wonosobo, Kab. Wonogiri, Kab. Purworejo,  Kab. Sragen, Kab. Klaten, Kab. Pemalang, Kab. Grobogan dan  Kab. Demak

Dalam daftar dari Ditjen Otonomi Daerah tercantum bahwa mayoritas masa jabatan kepala daerah di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada Serentak itu akan berakhir pada 17 Februari 2021.

Kecuali Kabupaten Pekalongan pada 27 Juni 2021, Kabupaten Sragen (4 Mei 2021), Kabupaten Grobogan (21 Maret 2021), dan Kabupaten Demak (4 Mei 2021).

KPU Jateng harus bekerja keras mengingat Jawa Tengah menjadi provinsi dengan daerah terbanyak kedua yang menyelenggarakan pesta demokrasi ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*