Belasan Tahun Mangkrak, Hotel Termewah di Zaman Belanda Ini Mulai Direnovasi

Hotel Dibya Puri Semarang | Foto: google Datuk Kalu
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Bangunan tua yang masuk Benda Cagar Budaya (BCB) Hotel Dibya Puri kini tengah direnovasi. Hotel yang pernah menjadi yang termewah di Semarang pada zaman Kolonial Belanda itu memang telah mangkrak selama belasan tahun dan sebagian besar bangunan rusak.

Meski direnovasi, penjaga hotel Mingan (64) memastikan tidak akan menguhab bentuk bangunan tua di Jl. Pemuda No.11, Kota Semarang tersebut karena telah masuk dalam daftar BCB.

“Baru sepekan ini mereka [pekerja bangunan] bekerja. Mereka rata-rata dari Cirebon,” kata Mingan seperti dikutip dari Solopos,com.

Mingan mengaku sudah bekerja di bangunan tua itu sejak tahun 1976 atau 45 tahun silam. Bangunan tua itu dulunya merupakan Hotel Dibya Puri. Beberapa literatur sejarah menyebut jika Hotel Dibya Puri merupakan hotel termewah di Semarang pada zaman kolonial Belanda.

Hotel yang dibangun pada tahun 1847 itu dulunya merupakan sebuah vila berlantai dua, yang kemudian berubah menjadi hotel dengan nama Du Pavilliun.

Baca juga: Awal 2020, Kawasan Kota Lama Semarang Bebas Kendaraan

Di lihat dari bentuk bangunannya, hotel ini mengadopsi gaya arsitektur Eropa klasik. Salah satunya terlihat dari pilar-pilar besar yang menjadi penyangganya.

Pahlawan nasional, R.A. Kartini, bahkan sempat memuji keindahan Du Pavilliun melalui tulisannya berjudul Een Gouverneur Generalsdag. R.A. Kartini yang saat itu bersama saudaranya pergi ke Semarang menuliskan ketakjubannya terhadap gapura kehormatan yang bermandikan cahaya lampu di Hotel Du Pavilliun.

Hotel ini juga menjadi saksi sejarah Pertempuran Lima Hari di Semarang pada 1945. Kala itu, hotel tersebut menjadi lokasi baku tembak antara pemuda Semarang dengan para penjajah yang menyebabkan beberapa bagian bangunannya rusak.

Setelah perang usai, hotel ini pun berganti-ganti pengelola, mulai dari Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Departemen Perhubungan dan Pariwisata, hingga akhirnya diambil alih PT Natour, BUMN yang khusus mengelola hotel nasionalisasi aset Belanda.

PT Natour pun lantas mengubah nama Du Pavilliun menjadi Hotel Inna Dibya Puri pada 1976. Pada 2008, entah apa penyebabnya Hotel Dibya Puri akhirnya bangkrut dan tutup.

Mingan mengaku sebelum bangkrut, Hotel Dibya Puri memang sudah sepi pelanggan. “Pas tahun 1980-an itu masih lumayan ramai. Banyak tamu hotel, terutama orang asing yang sering menginap. Kebanyakan merupakan orang Belanda yang memiliki kenangan dengan hotel ini,” ujar Mingan.

Pria yang sempat menjabat sebagai Supervisor Housekeeping di Hotel Dibya Puri mengaku tidak tahu akan digunakan sebagai apa hotel tersebut. Ia menyatakan renovasi sepenuhnya menjadi kewenangan PT Hotel Indonesia Natour selaku pemilik. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*