Tiga Kawasan Bersejarah di Semarang Bakal Diintegrasikan Sebagai Wisata Budaya

Ilustrasi kawasan Kota Lama Semarang | Foto: kompas.id
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Setelah kawasan Kota Lama Semarang yang kini telah menjelma sebagai sebuah destiniasi wisata sejarah yang cantik, Pemerintah Kota Semarang bakal menggarap Kawasan Pecinan, Kampung Arab, dan Kampung Melayu untu menjadi kawasan integrasi wisata budaya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, beberapa waktu lalu Pemkot Semarang telah menandatangani keputusan empat kawasan d iantaranya Kota Lama, Pecinan, Kampung Melayu, dam Kampung Arab sebagai cagar budaya nasional.

Artinya, karena sudah menjadi cagar budaya nasional, pembangunan harus ditata sesuai perundang-undangan cagar budaya yang ada.

“Dengan adanya perhatian itu, kami sudah menyampaikan kepada Distaru mempersiapkan masterplan untuk tiga kawasan. Kami akan teruskan pembangunam sampai akhirnya kawasan ini akan menjadi tempat yang cantik dan ciamik. Saya optimis 2021 mulai kami genjot untuk tiga kawasan tersebut,” kata Hendi.

Hal itu langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang kini mulai memikirkan untuk mengintegrasikan Kota Lama dengan kawasan budaya lain di sekitarnya yakni Kawasan Pecinan, Kampung Arab, dan Kampung Melayu.

Baca juga: Masuk Percepatan Proyek Strategis Nasional, Proyek Tol Semarang – Demak Dalam Tahap Transaksi

“Beberapa kawasan budaya tersebut akan direhabilitasi dan direvitalisasi. Konsepnya nanti akan terintegrasi mulai dari Kota Lama-Pecinan-Kampung Arab-Kampung Melayu,” kata Sekretaris Distaru Kota Semarang, Irwansyah, belum lama ini seperti dikutip dari TribunJateng.

Irwansyah menyebut, saat ini rencana revitalisasi kawasan budaya tersebut masih dalam tahap awal penyusunan masterplan.

Untuk menuju proses pembangunan masih membutuhkan waktu yang cukup lama, seperti Kawasan Kota Lama yang juga disiapkan sejak 2016 hingga selesai pembangunan pada 2019.

“Seperti kota lama kan tidak tiba-tiba langsung bagus, butuh waktu. Kami harap target secepatnya. Mudah-mudahan tahun ini masterplan selesai. Pembuatan detail engineering desain (DED) pada 2020 dan pembangunan mulai 2021. Semoga saja bisa lebih cepat,” paparnya.

Dalam melakukan kajian pembangunan, Irwansyah akan mencari artefak atau benda cagar budaya di setiap kawasan dan menggali cerita sejarahnya.

Benda cagar budaya yang ditemukan nanti akan menjadi ciri khas kawasan tersebut.

“Kawasan Pecinan masih banyak bangunan yang mempunyai nilai sejarah, seperti yang terlihat yaitu beberpa klenteng di sejumlah titik. Selain itu adanya gudang gula di Pecinan dan masjid-masjid di Kampung Arab,” sebutnya.

Terkait dengan anggaran, dia belum dapat memastikan besarannya. Pihaknya akan mencarikan dana baik ke Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*