Kemarau Panjang Debit Air di Telaga Sarangan Tinggal Separo

Telaga Sarangan | Foto: facebook Cipto Gembong
Mari berbagi

JoSS, MAGETAN – Pada musim kemarau tahun ini debit air di Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur surut menjadi separuhnya atau 1,5 juta meter kubik. Kondisi tersebut berdampak pada penurunan jumlah pengunjung objek wisata yang terletak di Kecamatan Plaosan tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan, Venly Tomi Nicholas mengatakan dalam kondisi normal, volume air Telaga Sarangan sekitar 3 juta meter kubik dan jumlah pengunjung mencapai 6.000 orang di akhir pekan.

Dia menambagkan wisatawan Telaga Sarangan sebagian besar berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kondisi air yang tinggal separo ini berdampak pada jumlah pengunjung yang hanya sekitar 5.000 orang pada akhir pekan.

“Selain faktor cuaca, penurunan jumlah wisatawan karena tidak adanya momentum libur panjang dalam beberapa pekan ini,” katanya seperti dikutip dari Tempo.co, belum lama ini.

Baca juga: Kekeringan Di Pamekasan Makin Meluas BPBD Lakukan Reaksi Cepat

Berdasarkan catatan petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Magetan, kedalaman air telaga saat ini hanya 7,8 meter. Saat kondisi normal 12,5 meter.

Sementara itu Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Magetan, Yuli Iswahyudi mengatakan, penurunan debit air juga dipengaruhi sedimentasi di Telaga Sarangan.

Penyebab sedimentasi itu, antara lain erosi tanah dari pegunungan dan tumpukan sampah yang sengaja dibuang oleh wisatawan maupun pedagang di kawasan wisata alam itu. Juga, limbah rumah tangga yang masuk ke Telaga Sarangan, sehingga membuat endapan di dasar telaga.

Petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan filterisasi aliran air dari hulu menuju Telaga Sarangan yang memiliki luas sekitar 30 hektare ini. “Tapi masih saja banyak sampah plastik dan kaleng yang masuk ke telaga,” ucap Yuli. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*