Suka Gunakan WiFi Gratisan Berbahaya?

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Jaringan internet saat ini telah menjadi kebutuhan penting sehari-hari guna bisa mengakses banyak hal, mulai kebutuhan pekerjaan, belajar, bermain hingga bersosial media. Untuk bisa mengakses internet, pengguna harus menggunakan layanan data via ponsel atau memanfaatkan WiFi.

Saat menggunakan WiFi, seseorang boleh jadi harus memasukan password WiFi yang diapsang oleh penyedia terlebih dahulu. Namun, beberapa tempat umum mungkin menyediakan fasilitas WiFi gratis.

Dikutip dari Sindonews, WiFi gratisan memiliki berisiko terhadap keamanan data pribadi pengguna internet. Hal ini diungkapkan ahli di London yang baru-baru ini melakukan riset terkait pemanfaatan WiFi di tempat umum.

Dalam riset tersebut, ahli keamanan siber Inggris Colin Tankard mengungkapkan bahwa ada fasilitas WiFi di tempat umum yang sangat rawan pencurian data. Kejahatan siber itu juga bisa membobol kartu kredit tanpa disadari sedikit pun oleh korban.

Tankard menunjukkan situasi itu secara langsung kepada wartawan Dailymail, Toby Walne. Sebagian besar target biasanya disasar di tempat penginapan bintang lima, stasiun, atau kafe kelas atas.

Selama peragaan, Walne duduk di kursi dekat resepsionis di sebuah hotel. Dia merasa aman untuk membuka dan menyalakan laptop. Halaman depan situs web hotel tersebut muncul saat hendak menyambung ke jaringan internet melalui WiFi.

Baca juga: Pengamat: Mengakses Media Sosial Pakai VPN, Berbahaya Untuk Kerahasiaan Data Pribadi

Meski ada peringatan bahwa penggunaan Wifi tidak aman, namun Walne tidak mengindahkannya. Tankard lalu mendekati Walne dan menanyakan jika soket dinding di sampingnya ada yang tidak dipakai. Tankard pun kemudian mengeluarkan sebuah benda kotak seukuran bungkus rokok yang dilengkapi dua antena.

Dia menyebutnya ‘nanas’ mengingat di atasnya ditempeli sticker buah nanas. Meski tidak memberikan ancaman setegang bom, benda tersebut memiliki kemampuan khusus untuk memata-matai korban.

Alat seharga 200 poundsterling (Rp3,4 juta) itu dapat mengimitasi sinyal Wi-Fi yang digunakan korban dalam hal ini Wi-Fi di hotel tersebut. Tanpa disadari, Tankard sukses menguntit setiap pergerakan Walne di dunia internet, mulai dari saat masuk ke dalam email, media sosial, hingga transaksi menggunakan kartu kredit.

“Saat korban memasukkan nomor dan password kartu kredit, saat itu pula hacker mengetahuinya dan menyimpannya sebelum melakukan aksi kriminal,” kata Tankard. Dalam hitungan menit, Tankard juga mampu mengakses kontak yang terdapat di dalam laptop Wilne, biasanya akan dijadikan korban penipuan.

Berikutnya, Tankard mengeluarkan alat penguat sinyal seukuran bungkus korek api berwarna perak. Gadget seharga 30 poundsterling (Rp500.000) itu dapat membantu hacker untuk meretas dan menguras kartu kredit korban dari jarak relatif jauh, baik dari tempat parkir mobil ataupun di lokasi lain di dalam hotel.

Menurut Tankard, hacker sering beraksi di sekitar hotel karena selain disediakan WiFi gratis juga menjadi tempat lalu-lalang para pebisnis. “Jika hacker berniat menggali sedikit lebih dalam, mereka juga dapat membobol sistem internal hotel, mulai dari reservasi, kunci ruangan, hingga nomor kartu kredit tamu,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*