Jateng Krisis Tour Guide Yang Mahir Berbahasa Mandarin

Ilustrasi tour guide | Foto: asiawisata.com
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Wisatawan Tiongkok mulai berdatangan ke Jawa Tengah melalui pintu Bandara Adi Soemarmo Solo, setelah dibukanya penerbangan langsung Solo-Kunming China sepekan sekali yang membawa ratusan wisatawan. Namun pemandu wisata yang mahir berbahasa Mandarin masih minim.

Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) menyatakan Jawa Tengah sangat membutuhkan keberadaan pemandu wisata untuk wisatawan Tiongkok seiring kerjasama yang dilakukan biro travel dengan pemerintahan Kunming untuk mendatangkan wisatawan dari Tiongkok.

“Untuk mendukung kondisi ini dibutuhkan struktur lain, salah satunya SDM (sumber daya manusia) yang mahir berbahasa Mandarin,” kata Wakil Ketua Asita Jateng Daryono belum lama ini, seperti dikutip dari Antara, Jumat (2/8).

Dia menambahkan, khususnya pemandu wisata, saat ini beberapa objek wisata dalam negeri krisis pemandu wisata Mandarin.

“Seperti di Bali, di Kepulauan Riau memang ada tetapi di tempat lain krisis. Sebagai solusinya dalam jangka pendek mungkin ‘guide’ (pemandu wisata, red) bisa mendatangkan dari Bali, tetapi ke depan ‘guide’ Jawa Tengah termasuk Solo harus siap,” katanya.

Baca juga: Solo Bidik Wisatawan Tiongkok

Ia berharap seluruh pihak bisa berupaya bagaimana mengambil peran tersebut demi sektor pariwisata Jawa Tengah yang lebih baik.

Sebelumnya, ratusan wisatawan asing dari Tiongkok mulai membanjiri sejumlah destinasi wisata di Solo dan Yogyakarta pada penerbangan perdana Kunming-Solo yang dimulai pada 1 Agustus 2019.

Sebagaimana diketahui, penerbangan perdana yang menggunakan pesawat charter Citilink tersebut membawa sebanyak 174 penumpang.

Direktur Utama PT Cahaya Matahari Rembulan Pupun Pantiana Gunmantono yang mendatangkan wisatawan asal Tiongkok tersebut mengaku ada sejumlah tantangan yang dihadapi dalam menyiapkan paket wisata “inbound” ini.

“Salah satunya kesulitan menyiapkan ‘guide’ yang mahir bahasa Mandarin,” katanya.

Ia mengatakan untuk sementara ini pihak agen harus mendatangkan dari Bali. 174 penumpang ini akan dibagi dalam delapan grup, dengan masing-masing grup didampingi oleh satu pemandu wisata.

“Jadi kalau sesuai dengan grup ini maka ada delapan pemandu wisata, tetapi kan harus ada cadangan. Jadi kami mendatangkan sekitar 12 pemandu wisata dari Bali untuk mendampingi para wisatawan Tiongkok ini,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*