Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

22.271

22.750

2%

Kasus Baru

526

479

-9%

Update: 25 Mei 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Waskita Incar Pembangunan Tol Jogja-Bawen

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – PT Waskita Toll Road (WTR) mengincar dua ruas tol yang segera lelang Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yakni ruas Jogja-Bawen dan tol Balikpapan-Penajam Paser Utara. Bulan ini, ada tujuh ruas tol yang bakal dilelang.

Herwidiakto, Direktur Utama Waskita Toll Road menyebutkan bahwa pihaknya akan ikuti lelang proyek yang ditawarkan BPJT. Dari tujuh proyek siap ditawarkan setidaknya ada dua proyek yang akan diikuti lelangnya.

“Dari 7 Proyek yang dilelang BPJT, WTR berminat mengikuti sebagian tender proyek-proyek tersebut,” ujarnya, seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Herwidiakto menyebutkan pihaknya membidik tender ruas Jalan Tol Yogya – Bawen sepanjang 77 km yang sedang dipersiapkan proses lelangnya. Pihaknya membidik proyek tersebut lantaran jalan tersebut sebagai penghubung lintas utara Jawa dan lintas Selatan, melalui Kota Yogyakarta – Magelang dan Semarang.

Baca juga: Dilewati Tol Solo-Jogja, Ini Permintaan Pemkab Klaten

Untuk kesiapan dananya dari tender proyek Ruas Tol Yogya – Bawen masih menunggu. Hal tersebut lantaran ruas itu merupakan ruas solicited, sehingga WTR masih menunggu detail design dan data-data lain yang disiapkan pemerintah untuk menghitung biaya investasinya.

“Untuk pembiayaan, WTR cukup siap untuk porsi ekuitas 30% dan sisanya merupakan pinjaman dari perbankan,” tutupnya.

Selain itu, pihaknya juga membidik tender jalan Tol Balikpapan – Penajam Paser Utara sekaligus mendapatkan hak right to match lantaran sebagai pemrakarsa. Adapun proyek jalan sepanjang 7,35 km memiliki nilai investasi sebesar Rp 15,53 triliun.

Sekedar informasi, tujuh proyek yang akan dilelang yakni : Jalan tol Balikpapan-Penajam Paser Utara (7,35 kilometer), tol Semanan—Balaraja (31,90 kilometer), Kamal—Teluk Naga—Rajeg (38,60 kilometer), Akses Pelabuhan Patimban (37,70 kilometer), Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap (184 kilometer), Solo—Yogyakarta—Kulon Progo (91,93 kilometer), dan Yogyakarta—Bawen (77 kilometer).

Secara total, ketujuh proyek tersebut diperkirakan bakal menyerap investasi sebanyak Rp 151,13 triliun. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*