Bandara Kediri Segera Dibangun di Atas Lahan Milik PT Gudang Garam

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, KEDIRI – Kementerian Agraria dan Tata Ruang menyatakan sudah memperoleh lahan seluas 400 hektare yang akan digunakan untuk pembangunan proyek Bandara Kediri. Rencananya pembangunan proyeknya dilakukan tahun ini.

Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang Arie Yuriwin mengatakan lahan untuk pembangunan Bandara Kediri, Jawa Timur‎ sudah didapat. Pembangunan akan dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Dia menambahkan ‎ dalam rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman‎, telah ditetapkan lahan untuk pembangunan Bandara Kediri dengan luas lebih dari 400 hektare.

“Sudah (lahan), Aku enggak hapal (luasnya) sekitar 400‎ hektaran,” kata Arie, saat ditemui usai menghadiri rakor, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (23/7).

lebih lanjut Arie menjelaskan pembangunan Bandara Kediri akan menggunakan skema KPBU, antara PT Gudang Garam sebagai pemilik lahan dengan PT Angkasa Pura I sebagai operator bandara.

“Itukan nanti, bentuknya KPBU kan Kerjasama untuk PT-nya Gudang Garam dan AP I,” tutur Arie.

Baca juga: Renovasi Terminal 1 Bandara Djuanda Senilai Rp685,5 Miliar

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengakui, arah pembangunan Bandara Kediri akan menggunakan skema kerjasama. Namun dalam rapat belum ada pembicaraan mengenai hal tersebut.

Menurut Faik, dalam rapat difokuskan menyelesaikan permasalahan lahan. Namun dia nggak memberi penjelasan detail mengenai lahan yang akan digunakan.

“Menyelesaikan persoalan lahan saja, tapi belum porsi saya untuk bicara,” tuturnya seperti dikutip dari Liputan6.com.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyatakan, pembangunan Bandara Kediri, Jawa Timur, bisa dimulai pada 2019. Proyek tersebut bisa mulai dibangun karena semua perizinan yang diperlukan sudah dimiliki.

“Harapannya kalau semuanya alhamdulillah berjalan lancar (pembangunan Bandara Kediri) 2019 sudah bisa dimulai,” kata Pramono, seperti dikutip dari laman resmi Setkab, Jakarta, pada Juni lalu.

Sebagai orang yang dibesarkan di daerah tersebut, Pramono Anung mengaku dirinya sebelumnya sama sekali tidak pernah membayangkan jika Kediri akan memiliki bandara.

Pramono meyakini jika masyarakat mendukung, pembangunan bandara ini akan terwujud dan Kediri akan menjadi salah satu kota yang maju.

“Harapannya daerah ini betul-betul berkembang menjadi daerah industri baru, daerah ekonomi baru. Sehingga ekonomi kita tidak hanya terkonsentrasi di Sidoarjo dan Surabaya, tetapi di wilayah Karesidenan Kediri ini juga bisa akan bisa berkembang,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*