Tol Bawen-Jogja Harus Segera Dibangun, Ini Alsannya

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan pembangunan jalan tol Bawen-Jogja merupakan suatu keharusan untuk pengembangan kawasan Jogja, Solo dan Semarang (Joglosemar). Untuk itu diharapkan groundbreaking proyek tersebut bisa dimulai tahun ini.

Dia menambahkan, beberapa hal seperti penetapan lokasi, perizinan, dan analisis dampak lingkungan sedang dalam proses. Pihaknya juga tidak akan lama-lama menandatangani penetapan lokasi untuk proyek tol Jogja-Bawen tersebut ketika sudah terdapat lokasi-lokasi yang ditetapkan.

“Kalau bisa tahun ini sudah groundbreaking. Menurut saya ada agak keharusan antara Jogja – Semarang karena kita harus kembangkan Joglosemar, Insya Allah semua sudah on going proccess,” kata Ganjar, seperti dikutip dari HarianJogja, Selasa (11/6).

Dia menjelaskan, penetapan lokasi dan analisis dampak pembangunan tol Jogja-Bawen merupakan contoh bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah selain pembebasan lahan jika terdapat lahan yang perlu dibebaskan untuk proyek tersebut.

Saat ini, dia menuturkan, proses penetapan lokasi untuk proyek tersebut sedang dalam proses. Kondisi ini berjalan paralel dengan pengurusan izin-izin dan analisis dampak lingkungan yang diperlukan untuk proyek tersebut.

Baca juga: Proyek Tol Solo-Jogja Bakal Dibikin Dua Paket, Jateng Dikerjakan Dulu

Lokasi-lokasi yang akan ditetapkan untuk jalur proyek tol Jogja-Bawen, dia meminta secara keseluruhan harus aman.

Oleh karena itu lokasi-lokasi yang akan ditetapkan untuk jalan tol Jogja-Bawen perlu memperhatikan beberapa pertimbangan seperti tidak menerabas lahan subur, jauh dari daerah rawan bencana, dan tidak melewati kawasan cagar budaya atau heritage.

Hedy Rahadian, Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, mengungkapkan usulan penetapan lokasi untuk proyek tol Bawen-Jogja sedang disiapkan.

Menurutnya, usulan penetapan lokasi tersebut masih perlu dilengkapi dengan beberapa hal seperti right of way plan dan dokumen penyiapan pengadaan tanah (DPPT). “Sedang disiapkan usulannya masih perlu dilengkapi,” katanya.

Dia menambahkan, dokumen usulan penetapan lokasi pembangunan proyek tol Bawen-Jogja untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan DIY ditargetkan dalam satu bulan ini sudah diselesaikan oleh konsultan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, mengungkapkan saat ini pihaknya menunggu hasil dari Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk rencana trase supaya bisa ditenderkan.

“Kalau dari kami, BPJT, sifatnya menunggu hasil dari Bina Marga untuk rencana trase supaya bisa ditenderkan,” katanya.

Berdasarkan laman Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), proyek jalan tol Jogja-Bawen memiliki panjang 71 kilometer dengan nilai investasi total sebesar Rp12,14 triliun. Proyek tersebut direncanakan mulai konstruksi pada 2019 dan beroperasi pada 2021. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*