Kawasan Kuliner Unik di Jogja Yang Bikin Ketagihan

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Yogyakarta menyimpan banyak sekali kawasan yang dikenal dengan beragam kuliner yang bisa dicicipi. Beberapa kawasan memiliki keunikan masing-masing. Baik suasana, penataan penjualan hingga komunitas pengunjungnya.

Sebut saja, Jalan Malioboro. Kawasan ikonik Jogya ini menyuguhkan banyak warung makan, toko oleh-oleh hingga toko busana.

Menjelang sore warung makan yang terdapat di sepanjang Jalan Malioboro akan semakin ramai.

Terlebih pusat kuliner akan ada di sekitar kawasan Pasar Beringharjo dan Titik Nol Kilometer. Beberapa musisi jalanan dengan keunikan masing-masing menghibur pengunjung yang sedang makan.

Sebagian besar warung makan menggunakan tikar sebagai tempat duduk atau disecut lesehan. Hal ini tentunya semakin menambah syahdu menikmati kuliner malam hari.

Selanjutnya ada kawasan Alun-alun Selatan. Saat hari menjelang sore, kawasan Alun-alun Selatan akan semakin ramai pedagang dan juga beberapa wahana permainan.

Satu wahana permainan yang paling terkenal yaitu becak warna-warni yang menambah suasana keramaian. Biasanya di Alun-alun Selatan akan ada banyak pedagang kaki lima yang berjualan berbagai macam kuliner.

Biasanya banyak wisatawan yang berburu jajanan ringan seperti pentol, es krim, wedang ronde hingga jagung bakar.

Ada lagi Gang Prawirotaman, yang biasa dikenal dengan kampung bule. Hal tersebut karena banyak wisatawan asing yang tinggal dan sering nongkrong di kafe yang ada di sekitar Prawirotaman.

Baca jugaBerburu Kuliner Unik Di Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Di Gang Prawirotaman banyak berjejer kafe ala western yang menyediakan berbagai macam makanan khas bule. Satu yang unik yaitu adanya cafe ala Meksiko yang menyediakan makanan khas seperti Taco dengan pernak-pernik unik.

Kawasan lainnya yaitu Taman Kuliner Ngangkruksari yang terletak di Jalan Parangtritis Kecamatan Kretek Bantul.

Taman yang baru saja diresmikan tersebut menyuguhkan berbagai macam kuliner khas Yogyakarta.

Pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Prangtritis tersebut disatukan dalam satu wadah taman kuliner untuk mempermudah wisatawan menjelajahi kuliner khas Yogyakarta.

Yang terakhir yaitu, kawasan Sunday Morning (Sunmor) UGM. Kawasan kuliner yang satu ini bisa dibilang unik. Sebab wisatawan hanya dapat menikmati wisata kuliner tersebut seminggu sekali, tepatnya di hari minggu.

Sunday Morning atau yang umum disebut Sunmor UGM merupakan pasar kaget di sepanjang jalan kawasan UGM yang menyediakan wisata kuliner dan belanja. Pengunjung bisa menikmati pasar kaget tersebut mulai pukul 06.00 hingga 12.00 WIB. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*