Pelabuhan Tanjung Perak Mulai Terapkan E-Tiketing

Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai menerapkan fasilitas gate in online dan e-ticketing untuk kapal penumpang dan ro-ro di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sedangkan per 1 Agustus, agen penjualan tiket fisik bakal dipindah ke luar gedung pelabuhan.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto mengatakan fasilitas gate in online dapat membuat penumpang dari 6 operator kapal ini bisa langsung check in dan memindai boarding-pass sebelum masuk ke dek kapal.

“Selain itu, data chek in dan boarding tersebut dapat dimanfaatkan oleh Kantor Kesyahbandaran sebagai manifes penumpang kapal yang valid dan menjadi dasar penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) agar kapal dapat berangkat,” katanya dalam rilis, Kamis (20/6).

Baca juga: Tingkatkan Standar Keselamatan Pelabuhan Tanjung Emas Terapkan Boarding Pass

Dia mengatakan fasilitas tersebut sangat penting untuk diterapkan untuk menjamin faktor keselamatan berlayar kapal dan keamanan di gedung terminal penumpang lantaran area boarding dalam gedung terminal hanya akan diisi oleh penumpang kapal.

“Sedangkan agen penjualan tiket fisik akan dipindah ke lokasi lain di luar gedung per 1 Agustus sehingga bisa lebih nyaman dan lebih tertib,” imbuhnya.

Putut menambahkan, penerapan e-ticketing dan gate in online ini menjadi langkah penting dalam transformasi digital layanan penumpang moda transportasi laut di Indonesia. Rencananya Pelindo III akan menerapkan fasilitas ini di seluruh pelabuhan yang dioperasikan Pelindo III secara bertahap.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H. Purnomo meminta agar Pelindo III dan para operator kapal melakukan sosialisasi tentang pemanfaatan fasilitas e-ticketing dan gate in online tersebut agar kemudahan pemesanan tiket bisa dirasakan masyarakat dan tidak terjadi kebingungan di terminal.

“Bandara dan stasiun bisa bagus (pelayanannya), maka pelabuhan juga bisa. Ayo kita bangun mulai dari Tanjung Perak ini. Kita edukasi masyarakat untuk membeli tiket online,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*