Menilik Geliat Bandara Baru Kulonprogo

Mari berbagi

JoSS, SLEMAN – Jelang Lebaran 2019, Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) mulai menggeliat. Selain tambahan penerbangan (extra flight) untuk mudik Lebaran, sejumlah maskapai juga akan menambah frekuensi penerbangan regulernya di BIY.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura (AP) 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama, akan ada dua maskapai yang akan meramaikan bandara di Temon, Kulonprogo tersebut.

Dia menuturkan, kondisi ini juga didukung adanya penurunan tarif maskapai penerbangan sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Kemenhub, beberapa waktu lalu.

“Insya Allah, Batik Air akan terbang perdana pada 29 Mei nanti. Citilink juga akan menambah jadwal penerbangan pada tanggal 26 Mei,” kata Pandu seperti dikutip Tribunjogja.com.

Pandu menjelaskan Batik Air akan membuka penerbangan ke 3 tujuan dari dan menuju BIY, yaitu Cengkareng (Soekarno-Hatta), Palangkaraya, dan Samarinda.

Sedangkan Citilink akan menambah rute Cengkareng-BIY pp pada 26 Mei tersebut. Sebelumnya Citilink menjadi maskapai perdana terbang dengan rute BIY-Halim Perdanakusuma pada 6 Mei lalu.

Baca juga: Lebaran, Sejumlah Ruas Jalan di Jogja Jadi Satu Arah

“Saat ini BIY juga lebih siap secara fasilitas sisi udara dan darat hingga akses menuju bandara,” kata Pandu.

Menurutnya, saat ini sudah terdapat berbagai pilihan transportasi darat untuk menuju BIY atau sebaliknya. Jenisnya antara lain 12 unit bus Damri dan angkutan shuttle sebanyak 15 unit termasuk dalam bentuk bus besar.

20 unit taksi berargo pun siap melayani penumpang yang akan berangkat atau pun baru tiba dari BIY. Selain itu, AP 1 Yogyakarta sudah berbicara dengan PT KAI DAOP 6 terkait jadwal kereta bandara. Jadwal tersebut akan menyesuaikan dengan frekuensi penerbangan di BIY.

Menurut Pandu kereta akan diberangkatkan dari dua stasiun, yaitu Maguwo dan Yogyakarta atau Tugu. “Nanti kereta akan berhenti di Stasiun Wojo, Purworejo. Selanjutnya penumpang akan dibawa menuju BIY dengan Damri,” jelasnya. (wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*