Jokowi Menang Lagi, Begini Harapan Para Kepala Negara Sahabat

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin | Foto: liputan6
Mari berbagi

JoSS, JEPANG – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyampaikan ucapan selamat kepada Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, yang diumumkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden 2019. Pengumuman disampaikan dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 21 Mei dini hari.

Dalam keterangan pers dari Kedutaan Besar Jepang, Abe berharap untuk terus bekerja sama dengan Joko Widodo guna memperkokoh hubungan antara kedua negara.

Sementara itu, Perdana Menteri India, Narendra Modi, juga memberi ucapan selamat kepada Joko Widodo atas kemenangannya dalam pemilihan umum (Pemilu 2019) melalui satu kicauan berbahasa Indonesia di Twitter.

“Selamat yang sebesar-besarnya kepada @jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Sebagai dua negara demokrasi besar, kami bangga atas keberhasilan perayaan demokrasi,” kicau Modi melalui akun Twitter yang diikuti lebih dari 47 juta orang.

Melanjutkan ucapannya, Modi menulis, “Kami berharap Anda dan rakyat Indonesia semua sukses di bawah kepemimpinan dinamis Anda.”

Dalam serangkaian kicauannya, Modi juga berharap kedua negara bisa terus memperkuat relasi menyusul 70 tahun hubungan bilateral RI-India.

Baca juga: Sate Kere Mbak Tug Solo Jadi Langganan Presiden Jokowi

Senada dengan Modi, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi yang dinyatakan sebagai pemenang dalam Pemilu 2019. “Ucapan selamat terhangat bagi @jokowi yang kembali terpilih sebagai Presiden Indonesia,” tulis Morrison melalui Twitter, Selasa (21/5).

Dalam kicauannya itu, Morrison yang juga baru menang dalam pemilihan umum Australia menegaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu mitra strategis bagi Negeri Kanguru.

“Kami menunggu penguatan hubungan bilateral antara Australia dan Indonesia di semua sektor yang menjadi kepentingan kedua negara,” kata Morrison.

Serupa dengan Morrison, Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, juga tak ketinggalan memberikan selamat kepada Jokowi.

“Saya ucapkan selamat kepada bapak @jokowi atas kemenangan secara resmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara kedua negara akan semakin erat setelah ini,” kata Mahathir melalui Twitternya.

“Saya ucap tahniah kepada Bapak Jokowi atas kemenangan secara rasmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerjasama antara dua negara akan semakin erat selepas ini,” ujarnya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara nasional pada dini hari tadi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memaparkan Jokowi-Ma’ruf meraih 85.036.828 suara atau 55,41% dari total 153.479.321 suara sah nasional.

Sementara itu, pasangan rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, hanya meraup 68.442.493 suara atau 44,59% dukungan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*