Gojek Sumbang Rp2,5 Triliun untuk Ekonomi Jogja 

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Kontribusi mitra Gojek terhadap perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2018 mencapai Rp2,5 triliun. Kontribusi mitra Gojek pada perekonomian nasional sebesar Rp44,2 triliun.

Hal itu merupakan hasil penelitian Lembaga Demografi (LD) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI).

Wakil Kepala LD FEB UI Paksi C.K Walandouw menjelaskan kontribusi tersebut berasal dari mitra empat layanan Gojek yaitu layanan roda dua Go Ride, roda empat Go Car, Go Food, dan Go Life.

Hasil riset tersebut merupakan bagian dari riset bertajuk Dampak Gojek terhadap Perekonomian Indonesia pada tahun 2018. Studi serupa pada 2017 menunjukkan kontribusi Gojek dari dua layanan yaitu roda dua dan UMKM di DIY mencapai Rp545 miliar.

“Kontribusi Gojek yang semakin besar menunjukkan teknologi mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi tidak hanya secara nasional, tetapi juga ke perekonomian daerah. Gojek telah menunjukkan kemampuan inovasi teknologinya untuk memperluas peluang penghasilan di daerah,” ujar dia dalam jumpa pers di The Grand Palace Hotel Yogyakarta, Jogja, belum lama ini, seperti dirilis Harianjogja.com.

Baca jugaGojek Klaim Turut Bantu Pertumbuhan Ekonomi Semarang

Adapun angka kontribusi ekonomi mitra Gojek terhadap perekonomian DIY pada 2018 dari masing-masing layanan yakni Rp796 miliar dari Go Ride, Rp124 miliar dari Go Car, Rp1,6 miliar dari UMKM Go Food, dan Rp28 miliar dari Go Life. Kontribusi UMKM Go Food pada 2018 menunjukkan kenaikan lima kali lipat dibandingkan hasil penelitian 2017.

Pertumbuhan kontribusi mitra Gojek ini disebabkan antara lain oleh optimalisasi fitur teknologi Gojek yang semakin gencar digunakan mitra UMKM Go Food. Kontribusi mitra Go Ride untuk perekonomian DIY meningkat tiga kali lipat dibandingkan 2017.

Menurutnya, semakin banyak orang yang menjadi mitra Go Jek. Paksi melihat kontribusi terhadap perekonomian ini harus dilindungi sehingga baik mitra maupun pelanggan tetap bisa berkelajutan. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*