fbpx Press "Enter" to skip to content

UTBK di Undip Berlangsung Sabtu Besok, Cek Lokasimu

Jumat, 12 April 2019
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Diponegoro (Undip) akan berlangsung Sabtu (13/4) besok. Mengingat pelaksanaan UTBK berlangsung di dua lokasi, maka peserta diminta cek lokasi tes sehari sebelumnya.

Selanjutnya pelaksanaan UTBK di Undip akan berlangsung Sabtu dan Minggu hingga 26 Mei 2019. Setiap hari ada dua sesi, yaitu pagi pukul 7.30-11.45 WIB, dan sesi siang hari pukul 12.30-11.45 WIB.

Menurut Ketua Panitia Pusat UTBK Undip, Muhamad Zaenuri, UTBK digelar di beberapa fakultas di kampus Tembalang dan kampus Pleburan yang jaraknya cukup jauh. Dia  juga meminta peserta memperhatikan betul di mana lokasi tes dan cek sehari sebelumnya.

“Peserta harus datang 30 menit sebelum tes serta mengetahui ruang dan lokasi tes sesuai kartu tanda peserta UTBK satu hari sebelumnya,” kata Zaenuri, di kampus Undip Tembalang, seperti yang dilansir dari detik.com, Kamis (11/4).

Sementara Wakil Ketua Panitia, Eddy Riyanto  menambahkan, bagi peserta yang lokasi ujiannya di kampus Pleburan, harus memperhatikan situasi terutama Hari Minggu karena bersamaan dengan Car Free Day (CFD).

“Yang di Undip Pleburan, hari Minggu itu ada CFD. Ya datangnya lebih awal ya, cek lokasi sehari sebelumnya. Jangan lupa membawa dokumen yang diperlukan,” pungkas Eddy.

Jumlah peserta UTBK di Undip tahun ini cukup banyak. Yaitu 39.603 orang yang dibagi dalam kelpom saintek 21.739 orang dan kelompok soshum 17.864 orang.

Baca juga: PPDB 2019 Mengacu Pada Zonasi, Bukan Pada Nilai

“Saat ini panitia telah menyiapkan 1.850 komputer untuk tiap sesinya yang tersedia di masing-masing ruang tes,” jelas Zaenuri.

Untuk diketahui kuota penerimaan untuk UTBK SBMPTN di Undip sekitar 4.500 sampai 5.000 orang. Undip sendiri sudah menerima 2.146 orang dari SNMPTN.

Sedangkan mulai tahun ini, persyaratan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

UTBK dapat diikuti siswa lulusan 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah atas (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan paket C tahun yang sama.

Tahun ini, pelaksanaan tes UTBK oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dapat dilakukan lebih dari satu kali. Peserta mengikuti maksimal dua kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 hari setelah pelaksanaan tes. (nug/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id