Unggul di Hitung Cepat, Jokowi-Amin Minta Indonesia Bersatu

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Hasil hitung cepat Pemilu 2019 di sejumlah lembaga survei pada Rabu (17/4) pukul 18.00 WIB menunjukkan pasangan nomor urut 01 Jokowi –Maruf Amin unggul dengan raihan suara di atas 53%.

Indo Barometer untuk data masuk 73% pada sementara menunjukkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Maaruf meraih 53,48% suara. Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 46,52% suara.

Perhitungan cepat dari Indo Barometer berasal dari sampel TPS di 34 provinsi yang dipilih acak. Proses penghitungan cepat Indo Barometer masih terus berjalan hingga suara dari seluruh provinsi masuk 100 persen.

Hasil hitung cepat (quick count) berasal dari survei dan bukan hasil perhitungan resmi. Jumlah suara resmi tetap menunggu perhitungan suara manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf sendiri telah dinyatakan unggul versi hitung cepat sejumlah lembaga survei. Salah satunya KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia), per pukul 16.50 WIB, Jokowi-Ma’ruf menyatakan Jokowi-Ma’ruf mendapat 51,52% Sementara itu Paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno mendapat 44,91% suara.

Litbang Kompas per waktu yang hampir sama menyatakan Jokowi-Ma’ruf 54,14%, sementara Prabowo-Sandi 44,91%. LSI Denny JA mengumpulkan sudah 55,11% suara masuk untuk Jokowi-Ma’ruf, dan Prabowo-Sandi 44,89%. Sementara itu, Median 53,78% untuk Jokowi dan Prabowo-Sandi 44,89%.

Baca juga: Gema Kemenangan di Kertanegara, Prabowo Klaim Unggul 55,4%

Seperti diketahui, Rakyat Indonesia telah menggunakan hak suara pada Pilpres, Rabu (17/4) untuk menentukan sosok pemimpin Indonesia selama lima tahun ke depan. Salah satu cara paling cepat untuk mengetahui hasil Pemilu 2019 ini adalah melalui quick count atau hitung cepat.

Menanggapi kemenangan dalam hasil hitung cepat tersebut, Jokowi dan Maaruf amin tak mau terlalu jemawa menyikapi hasil tersebut. Capres petahana itu meminta kepada para pendukungnya agar bersabar menunggu rekapitulasi resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Dari indikasi exit poll dan quick count telah kita lihat semuanya, tapi kita harus bersabar dan menunggu perhitungan dari KPU secara resmi,” ujar Jokowi yang didamping Ma’ruf Amin dalam jumpa pers di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

Jokowi juga mengajak agar para pendukungnya dan seluruh rakyat Indonesia kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air pascapemilu.

“Marilah kembali bersatu sebagai saudara sebangsa setanah air, setelah pileg dan pilpres. merajut kerukunan kita sebagai saudara setanah air,” tutur Jokowi sekaligus sebagai penutup pernyataan resminya. (lna) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*