fbpx Press "Enter" to skip to content

Tiga Stasiun Ini Akan Melayani Penumpang Kereta Bandara Baru

Rabu, 24 April 2019
Mari berbagi

JoSS, KULONPROGO – Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Wates Kulonprogo dan Stasiun Wojo Purworejo disiapkan siap sebagai lokasi pemberhentian kereta api Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo yang segera beroperasi.

Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung pengoperasisn bandara baru Kulonprogo.

“Intinya kami sudah siap. Ada tiga stasiun yaitu Tugu, Wates, Wojo. Kita sudah siapkan fasilitasnya, sudah ada ruang tunggu dengan kapasitas 100 orang, ke depan akan dibangun fasilitas penunjang lainnya,” katanya, seperti dikutip dari Harianjogja, Rabu (24/4).

Dia menambahkan, di Stasiun Wates, fasilitas ruang tunggu calon penumpang kereta bandara memanfaatkan bangunan yang sebelumnya digunakan sebagai gudang. Lokasinya persis di sebelah barat stasiun.

Kini gudang tersebut telah direnovasi dan dipoles sedemikian rupa menyesuaikan kebutuhan kereta bandara. Saat BIY dioperasikan pada akhir April, bangunan itu dipastikan bisa difungsikan. “Sekarang (Fasilitas di tigas stasiun) sudah 99%, artinya nanti telah siap digunakan,” ujar Eko.

Baca jugaAsik Stasiun Tugu Bakal Tambah Toilet Portabel

Di samping mempersiapkan stasiun, Daop 6 Yogyakarta juga telah menjadwal keberangkatan kereta api sesuai dengan jadwal keberangkatan pesawat di BIY. Jadwal ini memungkinkan kereta sudah sampai di stasiun tujuan maksimal dua hingga tiga jam sebelum pesawat lepas landas.

“Kalau dari Stasiun Tugu sampai Wojo kemungkinan waktu tempuh kereta paling lama 45 menit, untuk jenis keretanya belum bisa kami sampaikan, tapi yang pasti ada jadwal khusus non kereta reguler,” kata Eko.

Kereta api ini akan mengikuti simulasi moda transportasi penunjang BIT yang dilaksanakan pada Rabu (24/4) dan Jumat (26/4). Selain kereta api, sejumlah angkutan, seperti bus damri, shuttle bus, taksi hingga kendaraan pribadi akan dilibatkan dalam uji coba tersebut. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id