Press "Enter" to skip to content

Asik Stasiun Tugu Bakal Tambah Toilet Portabel

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VI Yogyakarta bakal menambah toilet portable yang akan ditempatkan di tiga area luar stasiun. Langkah ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna kereta api.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan penambahan toilet portable di luar area stasiun ini untuk menjawab keluhan masyarakat terkait minimnya fasilitas umum tersebut di sekitar setasiun.

Menurut dia, lankag tersebut sebagai  upaya pembenahan guna kenyamanan seluruh penumpang maupun pengantar.

“Banyak keluhan yang masuk ke PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta karena masyarakat sulit mencari toilet di luar area stasiun. Keluhan itu justru melahirkan ide untuk berinovasi,” katanya, seperti dikutip dari Antara Rabu (7/11).

Menurut dia, ide untuk membuat toilet portabel yang bisa dipindahkan dengan mudah tersebut berawal dari Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 6 Eko Purwanto yang kemudian dieksekusi oleh Balai Yasa Yogyakarta.

Tidak adanya fasilitas toilet di luar area Stasiun Tugu Yogyakarta, lanjut Eko, disebabkan adanya kekhawatiran PT KAI Daop 6 karena toilet di luar area stasiun biasanya tidak terawat dan kesadaran pengguna toilet kurang.

Baca jugaDapat Alokasi Jagung Impor, Jateng Klaim Surplus Produksi

“Penggunanya pun bukan hanya penumpang tetapi banyak orang dan seringkali justru dikomersilkan oleh oknum tidak berhak. Alasan-alasan itulah yang menyebabkan kami tidak membangun toilet di luar area stasiun,” katanya.

Namun, kata Eko, banyaknya keluhan yang disampaikan masyarakat membuat PT KAI Daop 6 memilih tidak mempertahankan alasan-alasan tersebut dan mulai memikirkan untuk memberikan fasilitas guna meningkatkan kenyamanan.

“Untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat pengguna kereta api, keluhan itu harus ditindaklanjuti dan kemudian bisa diwujudkan dalam bentuk toilet ini,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini, toilet portabel tersebut sudah selesai dikerjakan dan akan segera difungsikan. Toilet berukuran 1,45x1x1,95 meter tersebut akan didominasi warna hijau.

Toilet tersebut memiliki empat bilik berupa toilet duduk, masing-masing dua untuk perempuan dan dua untuk laki-laki, serta dilengkapi dengan wastafel di bagian tengah dan tangga lipat dari stainless.

“Toilet juga akan dilengkapi penampung air berukuran 2×200 liter dan 2×250 liter serta genset dengan daya 2,5 KW,” tutupnya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id