Perang Info Hoax Diprediksi Makin Masif Di Masa Tenang Pemilu

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Jurnalis Sindikat Anti Hoax Jateng mengajak masyarakat untuk tidak mudah percaya dan terhasut dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya. Menjelang hari tenang pemilu 2019 diprediksi perang info hoax melalui media sosial (medsos) akan semakin gencar.

Koordinator Sindikat Anti Hoax Jateng, Agus Hermanto mengatakan, informasi yang beredar di medsos belum tentu kebenarannya. Untuk itu, masyarakat diminta untuk menjadikan media mainstream baik cetak, radio, televisi dan online yang sudah terverifikasi dewan pers sebagai rujukan informasi.

“Jadikan media mainstream sebagai rujukan informasi. Karena media mainstream dipastikan benar dengan narasumber yang bisa dipertanggungjawabkan, jangan mudah percaya dengan informasi di medsos,” tandas Agus Hermanto yang juga jurnalis Indosiar ini disela-sela aksi simpatik yang dilakukan Sindikat Anti Hoax Jawa Tengah, Jumat (5/4).

Baca jugaLemhanas: Berita Hoaks Dirancang untuk Kepentingan Politik

Agus Hermanto menambahkan, di minggu tenang jelang pemungutan suara Pemilu 2019 sudah saatnya untuk menghentikan aksi saling menghujat, saling menjatuhkan antar pendukung dan saling melempar informasi yang menyesatkan.

Dia juga meminta, lembaga pengelenggara pemilu baik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan aparat mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, untuk mengawal dan mengamankan pesat demokrasi saat ini.

Sementara itu lanjut Agus Hermanto, TNI-Polri juga diminta supaya tetap menjaga netralitasnya dan turut mengamankan jalanya pemilu dengan baik.

“Dan untuk lembaga penyelenggara pemilu baik KPU, Bawaslu supaya menjalankan tugas dengan baik tanpa mendukung salah satu peserta pemilu,” tegasnya.

Ketua Forum Wartawan Pemprov dan DPRD Jateng Damar Sinuko mengaku prihatin dengan masifnya berita hoax di medsos yang trennya terus mengalami peningkatan. Kondisi ini sangat membuat keresahan di kalangan masyarakat.

“Kita sangat prihatin, karena saat ini banyak kabar berita Hoax yang beredar secara masif di medsos. Salah satunya hoax soal alat server KPU yang di setting untuk memenangkan salah satu paslon di Pilpres. Itu jumlah yang di-share mencapai jutaan akun,” ujarnya.

Menurutnya, Jawa Tengah adalah salah satu wilayah yang strategis untuk penyebaran hoax karena menjadi sasaran kemenangan para paslon di Pilpres.

“Kita disini sebagai insan media/jurnalis harus ikut memerangi Hoax, diawali dari nurani dan komitmen kita dalam membuat dan menyajikan berita yang sebenarnya,” pungkasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*