fbpx Press "Enter" to skip to content

Pengunjung GL Zoo Dikejutkan Selapanan Bayi Orangutan

Selasa, 16 April 2019
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Pengunjung kebun binatang Gembira Loka Zoo (GL Zoo) dikejutkan kegiatan “selapanan” atas kelahiran bayi orangutan. Bayi orangutan bernama Hope adalah hasil perkawinan orangutan jantan bernama Pop dan orangutan betina, Mony.

Bayi orangutan yang masih berusia 35 hari itu tampak sehat dan lucu. Sehingga menarik perhatian pengunjung. ”Lucu ya bayi orangutannya,” ujar salah seorang pengunjung dengan teman yang berdiri disampingnya, seperti yang dilansir solopos.com, Senin (15/4).

Acara selapanan kelahiran bayi orangutan koleksi GL Zoo itu, dirayakan secara sederhana tetapi meriah. Selain tumpeng nasi kuning dan lauknya, juga disediakan kado sayuran dan buah-buahan segar untuk diberikan pada satwa koleksi lainnya. Sehingga binatang tersebut terlihat senang saat menerima sayur-sayuran dan buah-buahan.

Acara selamatan yang dihadiri Dirut GL Zoo KMT A.Tirtodiprojo (Joko), Direktur GPH Harimurti, manajer, kabid dan perawat orangutan tersebut berlangsung meriah namun khidmat

”Kami senang karena sejak kelahirannya 35 hari lalu, Hope tampak sehat meski belum bisa lepas dari induknya,” ujar Joko.

Baca juga: Begini Cara Pemerintah Dorong Pengembangan Homestay di Jogja

Sementara Manajer Konservasi, Josephine Vanda Tirtayani mengatakan, bayi orangutan Hope yang masih berumur 35 hari belum bisa didisplay untuk disaksikan pengunjung. Ini karena selain masih dirawat secara intensif di kandangnya, bayi Hope yang lahir pada 11 Maret 2019 lalu juga belum bisa lepas dari pelukan induknya.

”Kalau dikeluarkan belum aman. Kami masih mencari waktu yang tepat. Diharapkan bayi Hope nantinya tumbuh besar dan sehat,” katanya.

Dirut GL Zoo KMT A. Tirtodiprojo memperkirakan, bayi orangutan itu nanti baru bisa didisplay pada libur lebaran. Dinamai Hope, artinya harapan. Melalui momentum kelahiran bayi orangutan ini diharapkan GL Zoo akan lebih baik dan maju dalam pengembangbiakan satwa koleksinya.

Sebelum GL Zoo mendapatkan penghuni baru berupa kelahiran satu ekor bayi orangutan, pada Februari 2019 lalu, mendapatkan tambahan koleksi peliharaan. Kali ini, satwa baru tersebut yaitu seekor bulus raksasa atau labi-labi yang berasal dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta (BKSDA Yogyakarta).

Bulus raksasa yang dititipkan ke Gembira Loka Zoo tersebut semula merupakan temuan warga di Sungai Sempor Dusun Manyaran Kelurahan Triharjo, Sleman, DIY. (nug/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id