Begini Cara Pemerintah Dorong Pengembangan Homestay di Jogja

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Pelaku industri pariwisata di Jogja khususnya penyedia rumah penginapan (homestay) antusias menyambut usulan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) agar homestay dapat dimasukkan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi.

Ketua Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) Nglanggeran, Patuk, Mursidi mengatakan persoalan pembiayaan untuk penyediaan homestay baik kepemilikan rumah maupun untuk merenovasi dangat dibutuhkan.

Dia menambahkan, pihaknya juga tengah mengupayakan untuk menggandeng perusahaan pembiayaan untuk dapat bekerjasama dalam pembiayaan KPR.

Saat ini, lanjutnya sendiri pihak pengelola Nglanggeran juga telah menandatangani kerja sama dengan Sarana Multigriya Finansial (SMF) PT Multi Gaya Finansial untuk memberi pinjaman dengan bunga ringan.

“Kemarin sudah dilakukan penandatangan MoU, bulan ini kemungkinan sudah mulai pengajuan. Harapannya ya dapat membantu mengembangkan homestay,” ucap Mursidi, belum lama ini.

Dia berharap, dengan kerja sama itu, ataupun wacana pemerintah tentang KPR homestay dapat membantu meningkatkan fasilitas maupun renovasi homestay yang rusak. Saat ini sendiri setidaknya dikatakan Mursidi sudah ada 87 homestay tetapi baru 40 yang beroperasi.

“Penyebabnya karena kadang  saudara datang jadi digunakan keluarganya sendiri,” ucapnya, seperti dikutip dari HarianJogja.

Baca juga: Angkringan Yang Lagi Hits di Jogja, Ada Angkringan Tertua

Mursidi mengungkapkan selain masalah homestay hal yang perlu ditingkatkan untuk pengembangan pariwisata yaitu kapasitas SDM. Ia menyadari kapasitas SDM ditempatnya perlu ditingkatkan termasuk dalam menyambut wisatawan mancanegara (wisman).

Hal senada juga diungkapkan Ketua Desa wisata kaki langit dan ketua koperasi Notowono di Mangunan, Purwo Harsono atau kerap disapa Ipung mengatakan pihaknya menyambut baik adanya kabar KPR terseut, tetapimenurutnya untuk pembayaran seharusnya setelah usaha tersebut beroperasi.

“Dengan KPR itu tentu cukup murah, kami berharap pembayaran setelah usaha dimulai atau operasional. Tidak saat mulai pembangunan,” katanya.

Saat ini, Ipung mengatakan telah ada 16 homestay, ditambah sembilan lagi sedang dirintis. Ia menarget setidaknya ada 100 homestay, karena sangat terlihat homestay tersebut mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Ipung juga menyoroti masalah SDM yang perlu diubah mindset untuk dapat mengembangkan pariwisata. Untuk mewujudkan itu menurutnya masyarakat harus diberi contoh secara langsung. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*