Atasi Kapalan Di Kaki Dengan Cara Mudah ini

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Bukan hanya kulit pecah-pecah, kapalan di telapak kaki sering menjadi keluhan banyak orang. Kondisi ini kadang menimbulkan rasa sakit. Meski tidak membahayakan, jangan sepeekan hal ini. Anda bisa melakukan beberapa cara mudah di rumah untuk mengobati kapalan.

Kapalan menandakan adanya penebalan kulit. Selain terasa menebal ketika disentuh, kapalan juga membuat warna kulit berubah jadi kuning kepucatan.

Kondisi ini tidak hanya menimbulkan kaki terasa tidak nyaman ketika bergesekan dengan alas kaki atau lantai, rasa sakit pun kadang terjadi. Supaya terbebas dari kapalan di kaki, bisa mencoba beberapa perawatan rumahan seperti yang dilansir dari hellosehat.com di bawah ini.

1.Rendam Kaki dengan Garam Epsom

Karena kapalan terjadi akibat penebalan pada kulit kaki, maka itu yang harus dilakukan adalah mengikisnya. Anda bisa melakukannya dengan merendam kaki dalam larutan garam epsom. Cara ini bisa mengobati kaki kapalan dengan melunakkan penumpukan kulit sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Siapkan air hangat dengan campuran garam epsom. Kemudian, siapkan juga batu apung untuk digosokkan pada kaki. Selanjutnya, rendam kaki anda selama 10 menit dalam larutan tersebut. Setelahnya, gosok telapak kaki dengan batu apung supaya kulit yang menumpuk terlepas, lalu bersihkan.

Baca juga: Atasi Stres dengan Meditasi 

2. Gunakan Krim Khusus

Tujuan penggunaan krim eksfoliator untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk. Anda bisa menggunakan krim yang mengandung asam salisilat, urea, atau amonium laktat yang dijual di toko obat atau apotek. Supaya hasilnya efektif, Anda perlu mengoleskan krim ini secara rutin setiap hari setelah mandi dan sebelum tidur. Seiring waktu, sel kulit mati yang menebal akan melunak dan mudah dibersihkan.

3.Oleskan Pasta Baking Soda

Campurkan dua sendok makan air dengan soda kue dalam wadah. Kemudian, aduk secara merata hingga membentuk pasta. Tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk nipis dan aduk kembali hingga rata.

Bersihkan kaki terlebih dahulu dan keringkan. Oleskan pasta pada telapak kaki, tutupi dengan kaus kaki atau perban kasa supaya pasta tidak mengotori benda sekitarnya. Lakukan perawatan kaki kapalan ini setiap malam secara rutin dan bersihkan di esok harinya. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*