Solidaritas Masyarakat Semarang Gelar Aksi Damai

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Penjajahan yang masih terjadi di Palestina oleh zionis Israel, dan tragedi kemanusiaan yang menimpang muslim di Selandia Baru, menyulut Solidaritas Masyarakat Semarang menggelar aksi damai, Jumat (22/3).

Aksi damai yang diikuti ratusan orang dan diinisiasi Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah (ACT Jateng) itu berlangsung di depan kantor Gubernur Jawa Tengah.

Aksi ini adalah bagian dari ikhtiar terbaik untuk membangun kepedulian masyarakat Semarang, agar publik turut prihatin dengan peristiwa di Palestina dan Selandia Baru. Terutama yang menimpa saudara sesama muslim di belahan dunia.

Nyanyian lagu “Indonesia Raya” berkumandang di sepanjang Jalan Pahlawan kota Semarang, pertanda aksi damai, yang menghadirkan setidaknya 200 simpatisan, resmi dimulai.

Baca jugaAksi Klithih Marak, Perda Kekerasan Jalanan Mendesak  

“Kita memang tidak bisa datang menemui mereka, kita tidak bisa menjabat tangan saudara seiman di Palestina, namun yakinlah saudara, insya Allah doa dan juga bantuan kita di sini akan menjadi energi terhebat bagi saudara teraniaya!” ucap Sri Suroto, sebagai kepala wilayah ACT Jateng menyampaikan orasi di depan massa, seperti yang dilansir dari Joglosemarnews.com.

Merespon tragedi kemanusiaan yang dialami warga Palestina, Suroto mengungkapkan, bahwa ACT sudah menyiapkan berbagai program bantuan.

“Salah satu program untuk membersamai Palestina, pada bulan April mendatang, ACT insya Allah kita akan memberangkatkan minimal 2.000 ton beras yang akan berlayar dari Indonesia,” jelasnya.

Lain halnya dengan tragedi penembakan yang menelan korban sebanyak 50 orang di Masjid An Noor dan Masjid Linwood, Christchurch , Selandia Baru.

“Dua di antara korban penembakan adalah WNI, Alhamdulillah kami sudah memberangkatkan keluarga korban menuju Selandia Baru,” imbuh Suroto.

Keluarga Korban yang berasal dari Sumatera Barat itu adalah Handra Yaspita, Nurhamidah, Yulierma, dan Alhamdani, sebagai pihak keluarga Zul Firmansyah (40) dan Averro’es Omar Syah (2).

Usep Badruzzaman selaku Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Semarang, senada dalam upaya menumpas kejahatan kemanusiaan.

“Kita sepakat apabila umat Islam bersatu akan menjadi sebuah kekuatan besar dalam membangun bangsa dan juga mampu membantu saudara teraniaya di luar sana,” pungkasnya. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*